Mengapa Perempuan Harus Vaksinasi HPV?

Jakarta, KabarBerita.id — Vaksin HPV diberikan gratis untuk anak perempuan kelas 5 dan 6 SD oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pemberian vaksin kanker serviks gratis ini dilakukan serentak di 34 provinsi di Indonesia.
Kanker serviks sendiri merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh infeksi Human papillomavirus (HPV). Seseorang bisa rentan terpapar virus ini karena beragam hal mulai dari faktor keturunan, lingkungan, dan gaya hidup.

Menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi Muhammad Fadli, kanker serviks adalah kanker terbanyak kedua yang terjadi di perempuan setelah kanker payudara.

“Penyebab kanker serviks adalah kuman HPV. Kalau kanker yang lain kita enggak tahu penyebabnya. Nah, jadi kita beruntung sekali bahwa kita sudah mendeteksi penyebab kanker serviks yaitu HPV,” ucap Fadli.

Fadli menjelaskan bahwa ada beberapa macam vaksin HPV yakni Cervarix, Gardasil dan Gardasil 9.

“Ada tipe yang high risk atau risiko tinggi, ada yang low risk. Dulu Cervarix hanya bisa melawan dua macam kuman saja. Gardasil bisa melawan empat. Sekarang ada yang baru, Gardasil 9, dia bisa melawan sembilan tipe kuman,” jelas dia.

Fadli mengatakan penting agar semua wanita mendapatkan vaksin HPV. Pasalnya, selain menyebabkan kanker serviks, HPV juga bisa memicu penyakit kulit kelamin lainnya.

“Dengan menyuntikkan [vaksin] HPV, tandanya kita udah punya kekebalan,” lanjutnya.

Fadli juga mengatakan bahwa suntik vaksin HPV paling bagus dilakukan sebelum anak perempuan beranjak dewasa.

Adapun efek samping dari HPV dapat di tonton di video berikut.

Tinggalkan Balasan