Lintasi Poso, Lomba “Tour de Central Celebes” Dikawal 800 Aparat

  • Bagikan
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kanan) sedang membuka peluncuran acara Tour de Central Celebes dengan mengenakan sepeda di Gedung Kementerian Pariwisata, Selasa (25/7/2017).(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kanan) sedang membuka peluncuran acara Tour de Central Celebes dengan mengenakan sepeda di Gedung Kementerian Pariwisata, Selasa (25/7/2017).(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

Kabarberita.id – Jajaran Kepolisian Resor Poso, Sulawesi Tengah, kini terus mempersiapkan diri untuk pengamanan pelaksanaan lomba Tour de Central Celebes (TdCC) 2017.

Pelaksanaan lomba TdCC akan digelar di Sulawesi Tengah selama dua hari, mulai 6 hingga 8 November 2017. Khususnya etape I Poso-Tojo Una-Una yang menjadi area pelintasan akan dijaga ketat oleh 800 aparat gabungan TNI–Polri.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kompas.com hingga Rabu (1/11/2017), wisata internasional atau TdCC 2017 diikuti 150 peserta dari 12 negara. Terdiri dari Kanada, Singapura, Malaysia, Korea, Belanda, Kuwait, Srilangka, Vietnam, Filipina, Thailand, Brunai Darussalam, Perancis serta ditambah 5 tim pebalap sepeda nasional.

Kapolres Poso AKBP Bogieq Sugiyarto yang dikonfirmasi media ini menjelaskan, jumlah personel gabungan TNI-Polri yang diterjunkan untuk pengamanan pelaksanaan TdCC etape I Poso-Toun sebanyak 800 personel. Mereka akan dikerahkan secara maksimal untuk mengawal mulai masa persiapan hingga pelaksanaan lomba TdCC selesai.

“Hingga hari ini, seluruh pasukan sudah kita terjunkan untuk mengisi pos-pos masing-masing yang sudah ditentukan. Jumlah keseluruhan mencapai 800 personel,” jelas Kapolres Bogieq.

Kapolres Bogieq menjelaskan, ratusan personel tersebut bekerja untuk memastikan rute pelintasan peserta TdCC betul-betul steril. Seluruh jalur tempat pelintasan akan ditutup selama beberapa jam sambil menunggu peserta TdCC melintas.

“Saya imbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Poso untuk bersabar mengingat saat peserta TdCC melintas seluruh akses jalur trans di Poso akan tutup sementara hingga peserta melintas menuju Kota Palu,” imbau Kapolres Bogieq.

Penyelenggaraan TdCC untuk yang pertama kalinya di Sulteng tersebut akan menempuh jarak sekitar 300 kilometer dan dibagi menjadi III etape. Etape hari pertama (etape I) adalah Kabupaten Tojo Unauna hingga Kabupaten Poso sepanjang 192 kilometer.

Hari kedua (etape II) Kabupaten Poso-Kabupaten Parigi Moutong 143.6 kilometer, dan hari ketiga (etape III) Kabupaten Parigi Moutong-Kabupaten Sigi dan Kota Palu 143.3 kilometer.

Sepanjang etape yang disinggahi para peserta TdCC 2017 akan menikmati obyek wisata unggulan Poso seperti air terjun Saloupa, pantai Pasir Puti Siuri serta atraksi budaya dan sajian kuliner khas daerah.

 

Sumber ( Kompas.com )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan