Lima Program Prioritas Pemkot Kendari Masuk Dalam Raker Perangkat Daerah 2024

Kendari, KabarBerita.id — Ini lima program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal masuk dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

Kegiatan pembahasan RKPD tersebut sebagai dasar dalam penyusunan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan program prioritas itu di antaranya adalah infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, perikanan, kebencanaan, dan kesehatan.

“Memang ini jadi landasan dasar dalam rangka penyusunan program kegiatan Pemkot Kendari 2024,” katanya saat menghadiri Forum OPD Kota Kendari di salah satu hotel, pada Kamis (9/3/2023).

“Ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan beberapa peraturan terkait dengan penyusunan dokumen perencanaan di tingkat pemerintah,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa fokus Pemkot Kendari adalah memastikan hal-hal yang sudah ada dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026.

Pemkot Kendari saat ini tidak mempunyai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), karena masa transisi.

“Karena menjelang pergantian dari kepala daerah definitif Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2017-2022 ke kepala daerah definitif 2024 nanti, sehingga hanya menggunakan RPD,” ujarnya.

“Maka dipastikan program prioritas OPD yang akan dimasukkan dalam RKPD sudah harus bisa mengakomodir apa yang ada dalam RPD, sehingga simultan,” tambahnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari, Cornelius Padang menyebut pembahasan RKPD ini salah satunya untuk melakukan penajaman terhadap kualitas pembangunan dan program kegiatan Pemkot Kendari.

Di mana Forum Organisasi Perangkat Daerah tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yakni pada 9-11 Maret 2023.

“Jadi peserta forum ini adalah Kepala OPD, Sekretaris, Kasubag atau Kasubdit Perencanaan, Camat dan Kasubag Perencanaan di Kota Kendari,” bebernya.

Tinggalkan Balasan