Berita  

KPU: Kesalahan Data Di Situng Bisa Jadi Karena Kelelahan

Jakarta, KabarBerita.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta masyarakat agar mengerti bahwa pekerjaan KPU dalam menginput data C-1 kedalam Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) tidak selalu mulus.

Anggota KPU, Ilham Saputra mengatakan, perbedaan C-1 dengan hasil publikasi Situng KPU terjadi karena bukan faktor kesengajaan, melainkan human error yang mungkin disebabkan karena kelelahan.

“Bisa jadi, bisa kelelahan, bisa juga. Coba deh teman-teman datang ke daerah menjaga 24 jam memastikan semuanya masuk ke Situng kita,” ungkap Ilham kepada para Wartawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (19/4).

Ilham juga mengajak para wartawan untuk memantau proses perhitungan suara secara langsung ke daerah-daerah, yang dipastikan ada saja hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Sekali-sekali datang deh atau kirim kontrinya ke daerah tertentu ini kan bisa human error karena kecapekan dan sebagainya,” tuturnya.

Ilham memastikan para petugas Situng terlatih, bahkan sebelumnya KPU sudah memberikan bimbingan teknis (Bimtek).

“Oh iya dong udah kita suruh Bimtek mereka, jadi kalau ada kesalahan segera kita perbaiki,” tuturnya.

Dengan permasalahan ini, Ilham mengapresiasi aspirasi masyarakat yang kritis, namun pihaknya meminta untuk menghentikan dugaan curang kepada KPU.

“Saya apresiasi laporan masyarakat tapi jangan diviralkan seakan-akan dibuat ini sistematis curang tidak ada itu,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan