Komisi IX: Stunting Perlu Pencegahan Bersama Semua Pihak

Jakarta, KabarBerita.id — BKKBN menggelar Sosialisasi Mitra Kerja di wilayah Kel. Tomang Kec. Grogol Petamburan Kota Adm. Jakarta Barat, Rabu 18 Oktober 2023.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI Charles Honoris, Direktur Pemaduan Kebijakan Pengendalian Penduduk BKKBN RI Ir. Mila Rahmawati, M.S, Kasi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sudin PPAPP Anita Rachmawati.

Charles Honoris mengatakan, stunting adalah salah satu masalah kesehatan masyarakat yang meresahkan di seluruh dunia. Dalam upaya untuk memerangi stunting, Pemerintah memprioritaskan upaya pencegahan stunting sebagai langkah penting dalam memastikan generasi yang sehat dan kuat di masa depan.

“Stunting adalah kondisi ketidakcukupan gizi yang dapat menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak. Stunting pada anak-anak dapat memiliki dampak jangka panjang, seperti rendahnya prestasi akademik, kelemahan fisik, dan risiko penyakit kronis di kemudian hari,” kata Charles.

Mila Rahmawati menambahkan, salah satu cara mencegah stunting adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, terutama selama masa kehamilan dan pertumbuhan anak-anak. Ini mencakup mengedukasi tentang pentingnya ASI eksklusif dan memberikan akses ke makanan bergizi.

“Selain itu dengan meningkatkan akses ke perawatan kesehatan ibu dan anak, termasuk layanan antenatal, persalinan yang aman, dan perawatan pascapersalinan, kita dapat mengurangi risiko stunting,” ujar Mila.

Mila melanjutkan, program pendidikan keluarga menyediakan informasi tentang gizi, perawatan anak, dan praktik terbaik dalam merawat anak-anak.

“Meningkatkan akses ke fasilitas sanitasi yang aman dan air bersih adalah langkah kunci dalam mengurangi penyakit yang dapat menyebabkan stunting,” ungkap dia.

Tinggalkan Balasan