Kenali Kandungan Sunscreen, Bisa Cegah Kanker Kulit

Jakarta, KabarBerita.id — Penggunaan tabir surya atau sunscreen sangat penting untuk kulit, apalagi saat cuaca panas melanda sebagian besar wilayah Indonesia akhir-akhir ini.

Sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama sinar UVA dan UVB yang berpotensi menyebabkan kanker. Karena itu, penting untuk mengetahui cara pilih sunscreen yang tepat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Menurut dokter spesialis bedah onkologi (kanker) di Rumah Sakit Hermina Bekasi, Yadi Permana ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sunscreen bekerja maksimal saat diaplikasikan ke kulit.

“Karena kita berada di wilayah tropis yang cenderung banyak sinar mataharinya, memilih sunscreen juga tidak boleh sembarangan,” kata Yadi dalam diskusi yang digelar secara daring oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tentang Kanker Kulit, Selasa (1/8).

Berikut beberapa tips memilih sunscreen serta kriteria sunscreen yang baik untuk dipakai menurut Yadi:

1. Periksa SPF
SPF atau sun protection factor adalah hal paling utama yang harus diperiksa saat memilih sunscreen. SPF kata Yadi berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi UV B.

Biasanya, beberapa produk tabir surya akan menulis kandungan SPF, mulai dari 15, 30, hingga 50. Semakin tinggi SPF semakin tinggi kemampuannya untuk melindungi kulit dari radiasi UV B.

2. Cek PA
Sama halnya dengan SPF, PA juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Bedanya, PA atau protection grade of UV A hanya untuk melindungi kulit dari UV A. Pemilihan PA sama pentingnya dengan pemilihan SPF.

3. Mengandung antioksidan
Jangan hanya fokus pada kekuatan SPF dan PA saja saat memilih tabir surya. Bahan lain kata Yadi juga harus diperhatikan, terutama kandungan antioksidan.

“Antioksidan berguna untuk menutrisi kulit. Jadi bukan hanya melindungi, sunscreen juga harus bisa memberi nutrisi. Karena kulit yang sehat sangat minim terkena kanker kulit,” kata dia.

Tinggalkan Balasan