Kelompok Tani mendapatkan Bantuan Alsintan dari Pemkab Hulu Sungai Selatan

Hulu Sungai Selatan, KabarBerita.id — Sebanyak 30 kelompok tani se-Hulu Sungai Selatan menerima bantuan alat san mesin pertanian (Alsintan) dari Bupati HSS Drs H Achmad Fikry Halaman Kantor Dinas Pertanian, Rabu (29/12).

Pada penyerahan tersebut, Bupati HSS didampingi oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad. Hadir dalam penyerahan tersebut yaitu Sekretaris Dinas Pertanian beserta Jajaran, Penyuluh Kecamatan, serta Kelompok tani penerima Alsintan Tahun 2021.

Achmad Fikri berpesan supaya alsintan ini dapat dirawat, dipelihara dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya agar dapat bertahan lama.

Ia mengatakan meskipun saat ini dalam jangka pendek pendapatan lebih tertarik ke holtikultura terlebih menanam cabai menjanjikan namun masyarakat dihimbau tidak lupa untuk menanam padi. Padi harus tetap ditanam bagaimanapun Pemkab ingin pendapatan petani tetap bagus.

Teruntuk lahan yang terdapat irigasi pertaniannya, Achmad Fikri berharap bisa dimaksimalkan supaya tidak merugikan karena ada air mengalir, jadi air mengalir digunakan kalau sampai bisa IP2 IP3 sangat luar biasa.

Ia juga meminta kepada masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan supaya jangan membuka lahan dengan membakar. Karena fungsi pohon sebagai penyerap air. Akhirnya bisa menyebabkan banjir dan longsor. Sekecil apapun api yang muncul di lahan-lahan gambut diharapkan segera dipadamkan.

Selain itu, Bupati HSS juga meminta kepada kelompok tani penerima Alsintan agar menjadi duta vaksinasi sehingga semua kelompok tani bisa divaksin. Karena pemerintah ingin masyarakat terlindungin minimal anggota kelompok tani sudah divaksin semua.

Tinggalkan Balasan