Kebiasaan Ini Picu Kencing Manis Namun Sering Diabaikan

Jakarta, KabarBerita.id — Penyakit kencing manis atau diabetes dipicu oleh gula yang berlebihan. Ada beberapa kebiasaan pemicu kencing manis yang sering disepelekan.
Kencing manis merupkan kondisi ditemukannya kandungan gula dalam cairan urine.

Kencing manis merupakan kondisi di mana insulin tidak dapat lagi bekerja dengan maksimal. Hal ini menyebabkan gula yang seharusnya diolah menjadi energi namun justru menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Dilansir WHO, diabetes merupakan penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar glukosa darah atau gula darah, yang seiring waktu menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf.

Namun penyakit kencing manis umumnya tidak berkembang dalam semalam. Sejumlah kebiasaan termasuk gaya hidup yang konsumtif dan minim aktivitas fisik menjadi pemicu diabetes berkembang.

Berikut ini kebiasaan pemicu kencing manis:
1. Terlalu sering konsumsi minuman manis
Seperti minum soda untuk menghilangkan dahaga padahal yang dibutuhkan adalah air mineral.
Hentikan konsumsi soda manis bisa menyebabkan penurunan berat badan dengan cepat.

2. Makan terlalu banyak gula
Cara terbaik untuk menghindari penyakit kencing manis adalah dengan melakukan diet yang tidak membebani suplai insulin.

Ahli merekomendasikan untuk memilih makanan yang memiliki gula terbatas. Misalnya protein, biji-bijian, dan sayuran.

3. Mager alias malas gerak
Gaya hidup yang tidak banyak bergerak merupakan faktor risiko utama penyakit kencing manis. Disarankan untuk mulai bergerak dari hal-hal kecil seperti berjalan kaki di pagi hari.

4. Kebanyakan duduk
Menurut ahli endokrinologi, sekalipun berolahraga secara teratur tapi jika Anda terbiasa duduk dalam waktu lama maka itu dapat membuat perubahan metabolisme yang meningkatkan gula darah, melemahkan otot dan membahayakan kesehatan jantung.

5. Makan tanpa kendali
Beberapa pasien diabetes terbantu dengan membatasi diri mereka untuk makan hanya pada waktu makan atau sebelum waktu tertentu di malam hari.

Tinggalkan Balasan