Kalah dari Irak, STY Bicara Kans Indonesia ke 16 Besar Piala Asia

Jakarta, KabarBerita.id — Shin Tae Yong berbicara soal peluang Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 setelah kalah 1-3 dari Irak.

Kekalahan 1-3 dari Irak pada pertandingan perdana Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada Senin (15/1) malam, membuat target Shin Tae Yong untuk mendapatkan satu poin pada laga pertama meleset.

 

Usai pertandingan, STY berbicara soal peluang Indonesia lolos ke 16 besar setelah target satu poin lawan Irak meleset.

 

“Dari perspektif pertandingan, kami memiliki peluang untuk pergi ke babak berikutnya. Irak memang memimpin permainan ini, dan mereka lebih baik daripada kita,” ucap Shin tae Yong usai pertandingan.

 

Namun kemudian Shin Tae Yong mengisahkan momen ketika dirinya membawa Korea Selatan membuat kejutan di Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Jerman 2-0. Hal ini menggambarkan bahwa dalam sepak bola tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi.

 

“Tidak ada yang mengharapkan [Korea menang], tapi kita masih bisa menang melawan Jerman saat saya bekerja di tim nasional Korea. Jadi, kita [Indonesia] tidak akan menyerah. Kita akan terus berjalan dan kita akan menantang. Kita tidak akan menyerah,” ucap STY.

 

Sebelum tampil di Piala Asia 2023, STY mencanangkan target Indonesia lolos ke babak 16 besar. STY berharap Indonesia bisa bermain imbang lawan Irak, menang lawan Vietnam, dan habis-habisan melawan Jepang demi merebut satu tiket ke babak 16 besar. Minimal lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

 

Namun dengan kekalahan dapat poin dari Irak, maka Indonesia dituntut berjuang lebih keras yaitu menang atas Vietnam dan berusaha mendapatkan poin saat melawan Jepang.

 

Dalam pertandingan melawan Irak, Timnas Indonesia tertinggal 0-1 pada menit ke-17 lewat gol Mohanad Ali.

 

Kemudian Timnas Indonesia berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Marselino Ferdinan usai meneruskan umpan Yakob Sayuri pada menit ke-36.

 

Irak kembali unggul 2-1 pada menit ke-45+6 lewat gol Osamah Jabbar Rashid. Namun gol kedua Irak ini kontroversi karena telah terjadi offside terlebih dulu sebelum Rashid mencetak gol tersebut. Gol kontroversial Irak ini menjadi perdebatan di media sosial.

 

Indonesia akhirnya kalah 1-3 setelah Irak berhasil menambah keunggulan lewat gol Aymen Hussein pada menit ke-75.

Tinggalkan Balasan