Jokowi Yakin Kabinet Tetap Solid Meskipun Mahfud Mengajukan Mundur

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan bahwa Kabinet Indonesia Maju yang dipimpinnya tetap solid, meskipun menghadapi situasi politik yang semakin panas menjelang Pilpres 2024. Pernyataan ini muncul dalam tanggapannya terkait rencana Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang akan mengajukan surat pengunduran diri.

“Sangat solid,” jawab Jokowi saat ditanya tentang kondisi kabinet, sambil melakukan kunjungan di RSUP Klaten, Jawa Tengah, Rabu (31/1). Meskipun menghadapi mundurnya salah satu menteri utamanya, Jokowi memastikan bahwa suasana kabinet Indonesia Maju tetap kondusif.

Presiden juga menyatakan menghargai keputusan Mahfud untuk mundur dari posisi Menko Polhukam, menyebutnya sebagai hak pribadi Mahfud. Namun, hingga saat ini, Jokowi belum menerima laporan langsung mengenai rencana mundur Mahfud, yang juga menjadi kontestan dalam Pilpres 2024.

“Sampai detik ini saya belum dapat laporan,” ungkap Jokowi di sela-sela kegiatannya.

Sebelumnya, Mahfud MD, calon wakil presiden nomor urut 3, berencana menyerahkan surat pengunduran dirinya langsung kepada Presiden Jokowi. Mahfud memperkirakan surat tersebut akan diserahkan pada Kamis besok, setelah memastikan jadwal pertemuan dengan Jokowi.

Pengunduran diri Mahfud sebagai Menko Polhukam didukung oleh capres Ganjar Pranowo dan semua partai politik yang mengusung pasangan calon Ganjar-Mahfud. Pilpres 2024 diikuti oleh tiga pasang calon, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Tinggalkan Balasan