Jelang Lawan Timnas Indonesia, Filipina Krisis Suporter

Jakarta, KabarBerita.id — Filipina sedang dalam krisis suporter jelang melawan Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Rizal Memorial, Selasa (21/11) mendatang.

Menghadapi Indonesia akan jadi pertandingan kandang kedua Filipina pada ajang ini yang juga jadi Kualifikasi Piala Asia 2027 setelah melawan Vietnam, Kamis (16/11).

Akan tetapi jelang pertandingan krusial tersebut Filipina mengalami krisis dukungan dari suporter sendiri.

Dikutip dari Philstar, Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) berharap laga melawan Vietnam dan Indonesia jadi momentum kembalinya dukungan suporter kepada The Azkals.

“Menurut pendapat saya, jumlah penontonnya tidak sama dengan apa yang kita lihat tahun 2010 sampai 2014 karena adanya beragam kesadaran dan hasil pertandingan,” kata Sekretaris Jenderal PFF Mikhail ‘Coco’ Torre.

Sejauh ini performa Filipina di berbagai ajang, baik tingkat Asia maupun ASEAN tidak begitu menggembirakan. Meskipun sampai saat ini peringkat Filipina masih di atas Indonesia dalam ranking FIFA.

Filipina mulai bangkit sejak FIFA Matchday Juni. Sejak itu, dalam enam pertandingan terakhir selama FIFA Matchday, Filipina menang tiga kali, satu kali imbang, dan dua kali kalah.

“Jika kami menggalang dukungan dari para penggemar untuk tim nasional, kami yakin hal ini akan memberi mereka dorongan untuk tampil baik,” tutur Torre.

“Bukan berarti tim nasional tidak bekerja keras, mereka selalu melakukan itu. Tapi tidak ada pemain ke-12 yang memberi Anda dorongan tambahan selama pertandingan kandang,” ucap Torre menambahkan.

Demi tampil maksimal dalam dua pertandingan kandang pertama, PFF berharap setidaknya 10 ribu suporter bisa hadir di Stadion Rizal Memorial guna memberikan dukungan kepada timnas Filipina.

“Kami berusaha sekuat tenaga untuk menghitung jumlah orang dan kami tidak ingin terpuruk. Tetapi saya merasakan kegembiraan lagi terhadap sepak bola Filipina,” ujar Torre.

Tinggalkan Balasan