Jadi Rumah Mubes Dayak Tahol 2023, Bupati Malinau: Titip Keberlanjutan Pelestarian Budaya

Malinau, KabarBerita.id — Tahun 2023, Kabupaten Malinau menjadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah besar atau Mubes dan Ilau ke-V Dayak Tahol Kalimantan Utara.
Kegiatan rutin setiap 5 tahunan tersebut dilaksanakan di Balai Adat Desa Salap, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa saat menghadiri musyawarah besar Dayak Tahol menerangkan acara 5 tahunan tersebut bagian dari upaya melestarikan kebudayaan dan adat istiadat.
Pagelaran kesenian dan kebudayaan merupakan cerminan kemajemukan suku, budaya dan agama di Malinau yang saling hidup berdampingan.

“Atas nama pemerintah kabupaten Malinau mengucapkan selamat atas terselenggaranya Mubes tingkat provinsi yang diselenggarakan di Kabupaten Malinau,” ungkap Wempi, Selasa (5/9/2023).

Wempi menerangkan pemerintah daerah berupaya memberikan dukungan kepada lembaga, organisasi maupun paguyuban di Malinau.

Terkhusus bagi, organisasi yang mendukung visi pemerintah melestarikan dan merawat kebudayaan sehingga masih bertahan sampai saat ini.

Mubes yang juga dirangkaikan dengan pesta kebudayaan Ilau ke V dilaksanakan diantaranya memilih pemimpin dan pengurus selanjutnya.

“Secara khusus bagi masyarakat Tahol di Malinau, kami berharap untuk terus bersinergi bersama pemerintah menyukseskan program pembangunan yang menjadi visi misi kita bersama,” Kata Wempi.

Tinggalkan Balasan