Israel Tuduh RS Indonesia Jadikan Tempat Persembunyian Hamas

Jakarta, KabarBerita.id — Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza dituding Israel dijadikan markas untuk menampung milisi Hamas.

Israel menuding Hamas memakai sejumlah rumah sakit seperti Rumah Sakit Sheikh Hamad dan Rumah Sakit Indonesia, sebagai perisai dari serangan Tel Aviv.

Sementara itu, viral video Iron Dome buatan Israel mengalami malafungsi hingga menyerang beberapa tempat di wilayah Israel sendiri.

Israel menuduh sejumlah rumah sakit di Jalur Gaza termasuk Rumah Sakit Indonesia (RSI) dijadikan perisai Hamas untuk menangkis serangan dari Israel.

Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari, bahkan sempat memperlihatkan video dan foto, yang menurutnya menjadi strategi Hamas memakai sejumlah rumah sakit Gaza sebagai perisai.

Ketua Presidium MER-C Indonesia, Sarbini Abdul Murah, tegas membantah tuduhan itu dan menyebut RSI dibangun secara profesional untuk memenuhi kebutuhan medis warga sipil di Gaza.

“Kami membantah bahwa kita dalam membangun rumah sakit ini dalam konteks yang benar-benar profesional yaitu sesuai dengan kebutuhan masyarakat Gaza, baik saat itu maupun saat ini. Oleh sebab itu, apa yang dituduhkan oleh Israel bisa jadi merupakan satu prakondisi untuk Israel melakukan serangan ke RS Indonesia yang ada di Gaza,” kata Sarbini dalam konferensi pers, Senin (6/11).

Tinggalkan Balasan