Berita  

Hasil SBMPTN 2019 Bisa Dicek Mulai 9 Juli

Jakarta, KabarBerita.id — Pengumuman hasil SBMPTN 2019 (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) akan dilakukan hari ini, Selasa (9/7) secara serentak pada pukul 15.00 WIB melalui situs resmi dan beberapa situs alternatif lainnya.

Satu hal yang penting diingat adalah ratusan ribu orang akan secara serentak mengakses laman resmi SBMPTN, sehingga berpotensi mengakibatkan situs down atau sukar diakses. Karena itu, penting untuk mengetahui halaman-halaman alternatif yang juga akan merilis hasil lengkapnya.

Peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN akan langsung dapat memproses registrasi ulang di masing-masing kampus tujuan dengan jadwal akan menyesuaikan tiap universitas yang dituju.

Bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos SBMPTN 2019 masih punya kesempatan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur seleksi mandiri. Jadwal jalur seleksi mandiri dapat dilihat di laman resmi kampus yang dituju.

Peserta SBMPTN 2019 sendiri mencapai 780.806 siswa dengan 714.651 orang yang mengikuti Uji Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Lebih dari 700 ribu siswa ini memperebutkan kursi di 85 perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Dari jumlah yang mengikut UTBK, sebanyak 360.329 orang menjalni tes program studi saint dan teknologi (saintek), 345.895 di tes program studi sosial hukum (soshum), dan sisanya 8.247 pendaftar mengikuti tes campuran (saintek dan soshum).

Tinggalkan Balasan