Viral  

Hari Ini, Tol Suramadu Mulai Berlakukan E-Toll

Pintu gerbang tol Suramadu sisi Surabaya
Pintu gerbang tol Suramadu sisi Surabaya

KabarBerita.id, Tol Surabaya-Madura (Suramadu) sejak Selasa (31/10/2017) tidak lagi menerima pembayaran uang tunai.

Di jembatan tol yang menghubungkan Pulau Madura dan Surabaya itu kini berlaku pembayaran menggunakan kartu elektronik atau e-tolll card.

Catatan Kompas.com menyebutkan, Tol Suramadu adalah ruas tol terakhir di Jatim yang memulai menerapkan e-tolll, bersamaan diterapkannya e-toll di ruas Tol Mojokerto – Kertosono.

“Sebelum diterapkan di Tol Suramadu, kita sudah sosialisasikan sejak sebulan lalu,” kata Teddy Rosady, General Manager PT Jasa Marga cabang Gempol-Surabaya, selaku pengelola Tol Suramadu.

Pemakaian uang elektronik untuk pembayaran transaksi jalan tol di Jatim diterapkan sejak awal Oktober lalu menindaklanjuti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16/PRT/M/2017, tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol.

Pada 1 Oktober terdapat empat ruas tol yang memulai penggunaan uang elektronik, yakni ruas Tol Surabaya-Gempol, Porong-Gempol, Gempol-Pandaan dan Gempol-Pasuruan.

Pada 6 Oktober, e-toll diterapkan di ruas tol Simpang Susun Waru-Juanda, meliputi Gerbang Tol (GT) Berbek 1 dan GT Tambak Sumur 1.

Lalu 10 Oktober, e-toll diberlakukan di seluruh GT ruas tol Surabaya-Gempol; 13 Oktober di ruas tol Simpang Susun Waru-Juanda, meliputi GT Tambak Sumur 2 dan GT Juanda. Ditambah di GT Kriyan, Surabaya-Mojokerto.

Pada 14 Oktober, e-toll berlaku di GT Penompo, Surabaya-Mojokerto dan 16 Oktober, di GT Waru 3, Surabaya-Mojokerto. Kemudian 17 Oktober, alat pembayaran elektronik ini dipakai di seluruh GT ruas tol Surabaya-Gempol dan ruas tol Surabaya-Gresik.

Selanjutnya 19 Oktober, e-toll diterapkan di GT Waru 4, Surabaya-Mojokerto. Pada 20 Oktober, di GT Menanggal dan Berbek 2, Simpang Susun Waru-Juanda dan 21 Oktober, di GT Waru 5, Simpang Susun Waru-Juanda.

Kemudian 23 Oktober, e-toll diberlakukan di GT Waru 6, Simpang Susun Waru-Juanda. 24 Oktober, di GT Sidoarjo 2 (Porong), Simpang Susun Waru-Juanda.

“Di tol Suramadu sebelumnya mulai banyak pertanyaan dari pengguna tol, hari ini mulai kita terapkan,” jelasnya.

sumber : KOMPAS.COM

Tinggalkan Balasan