Hadiri Verifikasi Virtual Penghargaan KKS, Wabup Beltim Optimis Dapat Hasil Terbaik

Manggar, KabarBerita.id — Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar hadir dalam kegiatan Verifikasi Virtual Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023 Kabupaten Belitung Timur yang dilakukan secara virtual oleh Tim Penilai Pusat di Ruang Rapat Gunung Lumut Beppelitbangda.

Kabupaten Kota Sehat (KKS) adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Kepada Tim Verifikator, Kepala OPD terkait dan Tim Forum Kabupaten, Kecamatan, pokja/desa kabupaten sehat di Kabupaten Belitung Timur melakukan penjelaskan terkait pertanyaan yang diajukan Tim Verifikasi Nasional KKS tahun 2023, yakni mengenai program-program dan capaian pemerintah Kabupaten Belitung Timur khususnya dalam hal pencapaian menuju kabupaten sehat.

Khairil mengaku optimis akan mendapat hasil terbaik dari apa yang telah dipaparkan dan dijawab kepada tim verifikator, walau ada beberapa masukan dan saran oleh tim verifikator pusat tersebut.

“Harus optimis kita dapat peringkat paling tidak PADAPA tadi kan, karena kalau kita lihat dari apa yang sudah disampaikan oleh kepala OPD, data-data kita cukup lengkap,” ungkap Khairil dalam wawancara.

Untuk diketahui, kabupaten kota sehat, diberikan penghargaan “Swasti Saba”

yang diklasifikasikan menjadi 3 kategori, yaitu Penghargaan PADAPA, Penghargaan WIWERDA dan Penghargaan WISTARA.

Penghargaan Kabupaten Kota Sehat juga bukanlah sebuah lomba, melainkan apresiasi Pemerintah Pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS.

“Harusnya kita targetkan WIWERDA, tapi kalau memang tidak dapat ya PADAPA pun Alhamdulillah, supaya tahun depan kita berinovasi lagi, kepada OPD yang saya tekankan untuk segera melengkapi data-data yang ada di OPD mereka, agar menjadi dokumen penting dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan lain bukan hanya di dalam KKS ini,” tegas Khairil.

Tinggalkan Balasan