Gubernur FED Tolak Mata Uang Facebook

New York, KabarBerita.id — Mata uang Facebook, Libra, menyedot perhatian dunia, termasuk pemangku kebijakan industri keuangan.

Gubernur Bank sentral AS, Federal Reserve, Jerome Powell mengatakan rencana Facebook untuk membuat mata uang digital itu tidak dapat dijalankan sampai masalah serius ditangani.

Komentar kuat dari regulator keuangan AS menggarisbawahi hambatan regulasi yang berkembang menghadapi pembentukan Libra, yang telah menarik perhatian para regulator secara global.

“Libra menimbulkan banyak keprihatinan serius terkait privasi, pencucian uang, perlindungan konsumen, dan stabilitas keuangan,” kata Powell dalam kesaksian semi-tahunannya tentang kebijakan moneter di hadapan Komite Layanan Keuangan DPR AS, kemarin.

Powell mengatakan setiap tinjauan regulasi terhadap proyek harus dilakukan dengan sabar dan hati-hati. Ia mencatat bahwa aturan yang ada tidak sesuai dengan mata uang digital.

“Ini adalah sesuatu yang tidak cocok dalam skema peraturan kami, tetapi memiliki skala yang berpotensi sistemik,” katanya.

Menurutnya, Libra perlu pengawasan yang cermat. Sehingga, menurutnya semua regulator perlu meluangkan waktu untuk hal itu.

Juru bicara Facebook Elka Looks mengatakan, pihaknya sangat selaras dengan Gubernur Fed tentang perlunya wacana publik tentang ini. “Inilah sebabnya kami bersama 27 Anggota Pendiri Asosiasi Libra lainnya membuat pengumuman ini, sehingga kami dapat terlibat dalam wacana konstruktif tentang hal ini dan mendapatkan umpan balik,” kata Looks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here