Berita  

Gibran Mulai Dibanding-bandingkan dengan AHY

Jakarta, KabarBerita.id — Masuknya nama Gibran Rakabuming Raka dalam bursa calon Wali Kota Solo 2020-2025 mendapat sambutan positif dari berbagai partai politik. Putra bungsu Presiden Joko Widodo ini bahkan dinilai berpotensi untuk menjadi pesaing putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pengamat politik Hendri Satrio mengatakan, kedua sosok muda tersebut sama-sama menjadi pemain baru dalam politik nasional jika Gibran bersedia mencalonkan diri menjadi wali kota. “Kalau benar akan terjun ke politik, Gibran sama AHY seimbang. Sama-sama baru mulai politik,” kata Hendri saat dihubungi, Ahad (28/7).

Pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi itu beralasan bahwa Gibran berhak mengisi jabatan publik sebagaimana warga negara yang lain. Termasuk adik Gibran, Kaesang Pangarep, juga mendapatkan hak yang sama. “Itulah indahnya demokrasi. Siapa pun bisa jadi kepala daerah asal dipilih oleh rakyat,” ujarnya.

Di sisi lain, meski kedua putra Presiden Jokowi itu dianggap telah memiliki modal, pria yang akrab disapa Hensat tersebut menuturkan, Gibran dan Kaesang harus menunjukkan kepemimpinannya kepada masyarakat sehingga sang anak tidak hanya bertumpu pada popularitas ayahnya.

“Yang paling penting dalam demokrasi itu dukungan dari masyarakat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan