Gempa M 7,7 Taiwan, Terbesar dalam 25 Tahun Terakhir

Jakarta, KabarBerita.id — Menurut Direktur Pusat Seismologi Taiwan, Wu Chien Fu, gempa dengan magnitudo 7,7 yang melanda Hualien County disebut sebagai gempa terkuat dan terbesar dalam 25 tahun terakhir.

Wu menjelaskan bahwa gempa ini terjadi dekat dengan daratan dan dangkal, dan dirasakan di seluruh Taiwan serta pulau-pulau lepas pantai. Dia mengatakan bahwa gempa ini merupakan yang terkuat dalam 25 tahun terakhir, merujuk pada gempa M 7,6 pada September 1999 di Taiwan yang menyebabkan kematian sekitar 2.400 orang.

Pernyataan Wu ini datang setelah Badan Meteorologi Jepang merevisi kekuatan gempa bumi di Taiwan dari 7,5 menjadi 7,7.Guncangan gempa ini dirasakan hingga ke Jepang, Filipina, dan beberapa wilayah di China.

Awalnya, guncangan tersebut memicu peringatan tsunami hingga setinggi tiga meter di Jepang, dan warga di wilayah pesisir, terutama di Okinawa, diimbau untuk melakukan evakuasi.

Meskipun tsunami kecil setinggi 0,3 meter telah mencapai Pulau Yonaguni, barat daya Jepang, dampak gempa ini telah menyebabkan tujuh orang meninggal dunia dan 736 lainnya dilaporkan terluka.

Selain itu, 77 orang juga dilaporkan terjebak. Otoritas setempat sedang melakukan operasi penyelamatan untuk mengevakuasi mereka, meskipun tidak dijelaskan kondisi mereka secara spesifik.

Tinggalkan Balasan