FIFA Hukum Berat Presiden Klub Persikabo

Jakarta, KabarBerita.id — Manajemen Persikabo memberikan pernyataan resmi terkait keputusan FIFA yang memberikan sanksi kepada Presiden Persikabo, Bimo Wirjasoekarta terkait permasalahan dengan pemain. Keputusan FIFA itu diumumkan melalui rilis resmi pada Selasa (4/4) malam.

Hukuman FIFA kepada Bimo diduga kuat karena permasalahan kontrak dengan pemain asal Brasil, Alex Goncalves.

Alex Goncalves sempat melaporkan kasus terkait permasalahan gaji dengan Persikabo kepada FIFA pada Desember 2021.

Sekretaris Persikabo Rini Chandra memastikan bahwa Bimo Wirjasoekarta masih menjabat sebagai Presiden Klub Persikabo hingga saat ini.

Menurut Rini Chandra, Presiden Persikabo Bimo Wirjasoekarta telah mencermati keputusan yang dikeluarkan Komite Etik FIFA di Zurich, Swiss, pada 4 April 2023 lalu.

Menurut keputusan itu, Rini menyebut adanya larangan beberapa tahun aktivitas untuk mengambil bagian dalam segala jenis kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola di tingkat nasional dan internasional dengan masa percobaan tiga tahun, serta akan adanya denda sebesar CHF 10.000.

“Karena larangan itu tunduk pada masa percobaan, itu tidak berlaku. Dengan demikian, Bimo Wirjasoekarta dapat tetap menjalankan fungsinya sebagai Presiden Persikabo 1973 tanpa batas,” kata Rini Chandra.

“Apalagi putusan tersebut belum final dan mengikat dan bisa diajukan banding oleh Presiden Persikabo ke Pengadilan Arbitrase Olahraga, di Swiss,” ucap Rini menambahkan.

Rini mengatakan keputusan FIFA tersebut dampak dari sengketa tahun lalu yang melibatkan salah satu mantan pemain Persikabo 1973, Alex Dos Santos.

Rini mengatakan, adanya penolakan pemain terkait potongan gaji selama pandemi Covid-19 yang merupakan keputusan PSSI pada saat itu.

“Keputusan FIFA tersebut merupakan dampak sengketa hukum antara Presiden Persikabo 1973 dengan mantan pemain Alex Dos Santos. Ini terutama menyangkut penolakan pemain untuk melepaskan sebagian dari gajinya selama pandemi Covid-19 dan konsekuensi hukum serta faktualnya,” kata Rini.

Menurut Rini hingga saat ini Persikabo 1973 di bawah kepemimpinan Bimo Wirjasoekarta dalam kondisi yang sangat baik, dan kondusif serta semua pemain beserta ofisial memastikan bahwa kepemimpinan Presiden Klub Bimo Wirjasoekarta berjalan dengan baik.

“Semua orang di Persikabo 1973 selalu mendukung bapak Bimo Wirjasoekarta selama masa-masa yang sulit ini, bersatu di belakang presiden selama beberapa tahun dan puas dan berharap beliau dapat terus menjabat sebagai presiden tanpa batasan,” kata Rini.

“Apakah keputusan akan diajukan banding ke instansi yang lebih tinggi akan dianalisis dengan hati-hati di hari-hari berikutnya,” ucap Rini Chandra menambahkan.

Tinggalkan Balasan