Exco: Timnas Indonesia Bisa Pakai 3 Pemain Senior di Asian Games 2023

Jakarta, KabarBerita.id — Anggota Komite Eksekutif (Exco) Endri Erawan menyebut Asian Games 2022 (2023) bisa menggunakan tiga pemain senior yang akan dimaksimalkan oleh Timnas Indonesia.

Skuad Merah Putih untuk Asian Games akan dipimpin oleh Indra Sjafri. Persiapan tetap dilakukan meski saat ini Timnas Indonesia sedang menjalani agenda sibuk pada September.

“Kalau long list-nya sudah keluar. Ada Jordi Amat, [Rachmat] Irianto, dan satu lagi nanti dikabarkan. Long list itu ada 44 pemain tapi yang tidak disetujui oleh KOI [Komite Olimpiade Indonesia] ada tiga jadi tinggal 41 pemain. Di situ ada lima pemain senior,” kata Endri di Jakarta, Selasa (5/9).

Nantinya Indra Sjafri yang menangani Timnas Indonesia akan memilih pemain yang layak dan tersedia untuk diberangkatkan ke Hangzhou, China dalam pesta olahraga Asia. Koordinasi dengan klub juga sudah dilakukan agar pemain yang diinginkan bisa ikut dalam rombongan.

“Insya Allah tidak ada masalah [dengan klub] karena coach Indra sudah melakukan pendekatan jauh-jauh hari dan dia sudah tahu siapa yang dilepas, siapa yang tidak,” ucap Endri.

Ia mengisyaratkan beberapa pemain langganan timnas senior yang masuk dalam kriteria usia seperti Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan juga diupayakan bergabung dengan skuad Asian Games. Komunikasi dengan Jeonnam Dragons dan Tokyo Verdy sudah dilakukan.

“Itu tergantung dari klubnya mudah-mudahan bisa dan sudah melakukan pembicaraan. Ini kan ajangnya Asia dan klub mereka dari Asia juga meski bukan agenda FIFA tapi ini kejuaraan resmi tingkat Asia,” ujarnya.

Indonesia tergabung di Grup F cabor sepak bola putra Asian Games bersama Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan. Tim Merah Putih akan melawan Kirgistan pada Jumat (19/9), dilanjutkan laga melawan Taiwan (21/9), dan Korea Utara (24/9).

Tinggalkan Balasan