Evan Soumilena, Ibrahimovic dari Timnas Futsal Indonesia

Jakarta, KabarBerita.id — Pivot Timnas Futsal Indonesia, Evan Soumilena, menjadi salah satu sosok sentral Skuad Garuda di Piala AFF Futsal 2022.
Gol demi gol yang ia lesakkan membawa namanya menjadi fenomena di Timnas Futsal Indonesia saat ini.

Pemuda bernama lengkap Holypaul Septinus Soumilena itu sudah melesakkan total tujuh gol untuk Timnas Indonesia. Ia adalah pencetak gol terbanyak kedua setelah Ardiansyah Runtuboy yang mencatat delapan gol.

Evan masing-masing mencetak dua gol ke gawang Brunei Darussalam dan Malaysia, serta satu gol ke gawang Thailand, Kamboja dan Myanmar. Gol terbaru saat melawan Myanmar di babak semifinal inilah yang menjadi sorotan publik.

Evan mencetak gol cantik pada menit ke-23. Berawal dari lemparan jauh kiper Muhammad Albagir, Evan langsung menyambar bola itu dengan tendangan tumit kaki kanannya. Kiper Myanmar tak kuasa mengadang bola yang mengalir mulus ke bagian pojok kiri gawangnya.

Netizen langsung menyandingkan gol Evan seperti gol Zlatan Ibrahimovic ke gawang Inggris pada akhir 2012 silam. Tak sedikit warganet yang memberikan gelar ‘Evanmovic’ berkat aksinya.

Evan menapaki karier profesional di dunia futsal bersama Blacksteel Manokwari pada 2017. Anggota aktif Polda Papua itu sempat mengalami pasang-surut karier karena kerap tak mendapat jam terbang reguler.

Ia baru mendapat perhatian pada musim 2018. Performa pemain berusia 25 tahun itu terus menanjak di musim 2019 dan terus meningkat hingga 2020 ketika membawa Blacksteel Manokwari menjuarai Pro Futsal League

Sukses membawa tim juara, sukses pula dalam prestasi individu. Begitulah gemilangnya Evan hingga sukses menjadi pemain terbaik Pro Futsal League 2020 berkat catatan 16 gol hingga menjadi pencetak gol kedua terbanyak di turnamen.

Saat ini, dirinya menjadi top skorer Pro Futsal League 2022 dengan koleksi 14 gol. Tak heran dirinya dipanggil pelatih Timnas Futsal Indonesia Mohammad Hashemzadeh sebagai satu-satunya pivot di Piala AFF Futsal 2022.

Tak hanya menjadi jawara kompetisi, Evan juga meraih gelar individual. Pada akhir musim ia ditetapkan sebagai pemain terbaik. Pada saat yang sama ia melesakkan 16 gol semusim atau runner up top skor.

Evan diharapkan dapat menjadi salah satu tumpuan Indonesia di partai final dan menjadi juara untuk kali kedua di ajang Piala AFF Futsal setelah terakhir kali ada di podium teratas pada 12 tahun silam. Selain itu besar harapan pula Evan dapat tampil apik membela Indonesia di Piala Asia Futsal akhir tahun ini.

Tinggalkan Balasan