Erick Thohir Terbuka Soal Kans Naturalisasi Nathan Tjoe-A-On

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir mengatakan pihaknya terbuka untuk menaturalisasi pemain Swansea City, Nathan Tjoe-A-On, agar bisa membela Timnas Indonesia.

“Yang pasti begini, bahwa naturalisasi pemain bagus selama ini mu [jiwa] merah putih, bawa timnas lebih bagus, kami terbuka,” kata Erick ditemui di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jumat (8/9).

Namun, kata Erick, proses naturalisasi pemain tak bisa berdasarkan keputusan PSSI sendiri. Melainkan harus melalui masukan dan usulan banyak pihak.

“Apakah scouting dari PSSI, scouting Menpora, scouting masyarakat, yang kadang-kadang lebih paham,” ujar dia.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menyatakan pemain Swansea City keturunan Indonesia Nathan Tjoe-A-On berminat untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Nathan merupakan pemain kelahiran Rotterdam, Belanda, 22 Desember 2001. Pada tahun ini ia baru akan berumur 22 tahun.

Musim ini, Nathan bergabung ke Swansea City yang berlaga di divisi Championship, kasta kedua Liga Inggris. Ia belum mendapat kesempatan tampil dan masih berjuang keras menembus skuad utama tim tersebut.

Shin Tae Yong sendiri tidak langsung memberikan lampu hijau terhadap minat Nathan. Ia mengatakan harus lebih dulu melihat langsung kemampuan Nathan.

“Tetapi saya tidak akan memutuskan sebelum melihat langsung kualitas pemain tersebut seperti apa. Setelah dicek kualitasnya akan dibicarakan dengan Pak Erick Thohir dan baru kemudian akan diputuskan akan seperti apa,” ujar STY.

Tinggalkan Balasan