Berita  

Erdogan Yakin AS tidak akan Beri Sanksi ke Turki

Ankara, KabarBerita.id — Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan yakin Amerika Serikat tidak akan memberikan sanksi ke Turki karena membeli sistem pertahanan udara Rusia. Namun, jika AS memberlakukannya maka Turki akan membalasnya.

Dalam konferensi pers dengan media asing di Istanbul, Erdogan kembali berkata pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia sudah ‘selesai’. Ia juga mengatakan Amerika Serikat harus berpikir dengan hati-hati sebelum memberikan sanksi kepada Turki yang juga anggota NATO.

“Saya katakan ini dengan sangat terbuka dan tulus, hubungan kami dengan (Presiden Donald) Trump dalam posisi yang dapat katakan sangat baik, jika ada masalah kami langsung berkerja melalui telpon,” kata Erdogan, Kamis (20/6).

“Saya tidak melihat ada kemungkinan sanksi akan terjadi,” ujarnya.

Namun, ia mengatakan Turki tidak akan diam jika diberi sanksi. “AS harus berpikir tentang hal ini dengan sangat hati-hati, kami memiliki sanksi kami sendiri,” katanya.

Ia mengatakan akan membicarakan hal ini dengan Trump dalam pertemuan G-20 di Jepang pekan depan. Selama berbulan-bulan Turki berselisih dengan Amerika karena Turki membeli sistem pertahanan Rusia.

Menurut Washington, sistem pertahanan Rusia tidak sesuai dengan jaringan sistem pertahanan NATO. AS juga mengatakan pembelian itu dapat membahayakan pesawat tempur F-35, yang juga turut Turki bangun dan rencana beli.

Tinggalkan Balasan