Dubes Yakin Palestina Hadir di U-20

Jakarta, KabarBerita.id — Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun meyakini bahwa isu Palestina bakal hadir di ajang olahraga level junior U-20 di Indonesia.

Kehadiran tersebut sama seperti saat isu Palestina muncul di ajang Piala Dunia Qatar pada 2022 lalu.

“Beberapa waktu terakhir kita tahu ada penyelenggaraan Piala Dunia Qatar meski Palestina tidak ikut sebagai salah satu kontingen atau tim yang ikut, tapi kita tahu Palestina muncul dan hadir di event tersebut,” ujar Al Shun saat konferensi pers di Kedutaan Besar (Kedubes) Palestina, Jakarta, Rabu (15/3).

Al Shun mengatakan banyak negara dan tim yang menyuarakan dukungan terhadap Palestina di Piala Dunia.

Misalnya anggota tim nasional Maroko mengibarkan bendera Palestina usai menang melawan Kanada di babak penyisihan Piala Dunia.

Di luar lapangan, pendukung Maroko juga menyanyikan yel-yel tentang Palestina. Selain itu, pendukung Tunisia juga membentangkan bendera Palestina saat Tunisia melawan Australia.

Menurut Al Shun, hal tersebut menunjukkan seolah-olah Palestina hadir di ajang Piala Dunia itu. Ia juga yakin hal serupa akan terjadi di Indonesia.

“ini menunjukkan bahwa Palestina ada di hati banyak kalangan di dunia ini. Palestina juga akan hadir dalam event yang akan dilaksanakan di Indonesia ini,” ujar dia lagi.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 menjadi sorotan. Beberapa pihak mengecam Israel terkait aksi mereka di Palestina.

Sebagian menilai Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut. Keamanan timnas Israel pun tak luput jadi pembicaraan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut keamanan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 merupakan domain atau urusan pemerintah RI.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut pemerintah telah menyiapkan berbagai jalut terkait kedatangan timnas Israel U-20.

“Sudah dibahas dan disiapkan semua jalur. Politik, diplomatik, keamanan, dan sebagainya sudah dibicarakan. Ditunggu aja nanti dirundingkan,” kata Mahfud di UII, Sleman, pada pekan lalu.

Sejauh ini, Indonesia tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Mahfud lalu menerangkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 sudah disiapkan secara rapi dan matang.

Tinggalkan Balasan