DPR Tunda Rapat Evalusi Pemilu 2024 Karena KPU ‘Sibuk’ di MK

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyatakan rapat evaluasi Pemilu 2024 kembali ditunda hingga Mei 2024 mendatang.

Gara-garanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah sibuk menghadiri sidang sengketa Pemilu sebagai termohon di Mahkamah Konstitusi (MK),

Doli mengatakan rapat dijadwalkan saat masa sidang DPR kembali dimulai usai menjalani reses yang dimulai pada Kamis (4/4) mendatang.

“Tadi kita jadwalkan kalau tidak ada perubahan 13 Mei itu di kesempatan pertama. 13 atau 14 Mei kita akan langsung gelar rapat lagi,” kata Doli saat ditemui di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Senin (1/4).

Doli menyebut tiap anggota Komisi II memiliki catatan terkait penyelenggaraan Pemilu 2024 yang hendak disampaikan dalam rapat. Namun, Doli menyebut pihaknya menghormati pihak KPU yang kini sedang menjalani sidang di MK.

“Tentu kan masing-masing anggota Komisi II ini kan punya catatan kepada ketua Pemilu kemarin dan perlu ada yang di klarifikasi,” kata Doli.

“Nah, tapi satu sisi kita juga paham bahwa KPU saat ini sedang jadi termohon ya di MK. Ya mereka juga punya tanggung jawab untuk hadir di sana,” imbuhnya.

Di sisi lain, ia menyayangkan adanya komisioner KPU yang tak hadir dalam sidang sengketa Pemilu 2024 di MK dengan alasan umrah ke Mekah.

Kendati demikian, Doli tak mengungkap siapa komisioner KPU yang dimaksud.

“Jadi ini yang jadi menimbulkan tanda tanya, di sana (MK) memang wajib hadir, di sini (Komisi II DPR) dateng, nggak bisa, tapi kok ada yang enggak dateng (sidang sengketa pemilu),” jelas dia.

Tinggalkan Balasan