DPR Penting untuk Terlibat Aktif Pencegahan Stunting Sejak Dini

Jakarta, KabarBerita.id — BKKBN kembali menggelar Sosialisasi Bangga Kencana bersama Mitra Kerja di wilayah DKI Jakarta. Hadir dalam program ini Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr Kurniasih Mufidayati, Direktur Pemaduan Kebijakan Pengendalian Penduduk BKKBN Ir. Mila Rahmawati, M.S dan SubKel Pelayanan KB & Kespro Dinas PPAPP DKI Jakarta Monika Yaniwati Praditika Ezeh serta Kepala Sudin PPAPP Kota Adm.Jakarta Selatan Drs. Fathur Rohim, M.Si.

Kurniasih memahami betapa pentingnya mencegah stunting sejak dini untuk masa depan bangsa. Stunting adalah masalah kesehatan yang serius dan berdampak jangka panjang terhadap generasi muda.

“Oleh karena itu, kami di DPR merasa perlu untuk aktif berperan dalam sosialisasi pencegahan stunting serta mengambil langkah-langkah nyata untuk menanggulanginya bersama BKKBN,” papar Kurniasih dalam keterangannya di RM Raden Bahari, Kec. Pancoran – Jakarta Selatan, Ahad lalu.

Stunting adalah kondisi ketidakcukupan gizi yang terjadi selama 1.000 hari pertama kehidupan anak, dimulai dari konsepsi hingga usia dua tahun.

“Dalam kurun waktu ini, pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak sangat rentan terhadap kekurangan gizi. Oleh karena itu, pencegahan stunting sejak dini sangat penting untuk menciptakan generasi yang sehat, cerdas, dan produktif,” terang dia.

Mila menambahkan, pencegahan stunting adalah investasi jangka panjang dalam masa depan bangsa. Anak-anak yang bebas dari stunting akan memiliki peluang lebih besar untuk berhasil dalam pendidikan dan pekerjaan, serta menjadi pilar-pilar pembangunan negara.

Selain itu stunting dapat berdampak pada kesehatan dan produktivitas seseorang sepanjang hidupnya. Anak-anak yang terhindar dari stunting akan lebih mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.

“Pencegahan stunting akan mengurangi beban kesehatan publik, menghemat sumber daya medis, dan memungkinkan alokasi anggaran yang lebih baik dalam sektor kesehatan,” terang Mila.

Tinggalkan Balasan