Dokter Sarankan Jangan Jilati Bibir Kering Ketika Puasa

Jakarta, KabarBerita.id — Masalah bibir kering sering terjadi ketika sedang berpuasa. Kondisi ini menjadi salah satu anda tidak cukup asupan cairan ketika berbuka puasa dan sahur

Selain itu kondisi ini tentu membuat risih sehingga ada beberapa orang yang menjilati dengan lidah untuk membasahi nya. Akan tetapi dokter tidak menyarankan hal tersebut, mengapa?

Dokter spesialis Dermatovenerologi Dari Perhimpunan dokter spesialis kulit dan kelamin Indonesia Aninda marina, mengatakan bahwa menjilati bibir kering merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan masalah berikutnya.

Ia mengatakan bahwa air liur mengandung enzim pencernaan yang apabila terkena bibir karena dijilati bisa secara tidak langsung mendegradasi lapisan kulit.

Akibatnya lapisan kulit bibir terganggu sehingga menyebabkan Eksim dan terganggunya Sawar kulit yang berfungsi mencegah keluar masuknya zat yang berada di luar ke dalam tubuh maupun sebaliknya.

Pada kondisi kekurangan cairan ini sel sel menjadi Renggang dan regenerasi kulit tidak baik sehingga mudah terlihat bersisik.

Supaya tubuh tidak dehidrasi sebaiknya penuhi kebutuhan cairan yaitu 30 ml per kg berat badan dalam 24 jam.

Anda juga tidak disarankan minum kopi Soda dan minuman manis berlebihan karena bisa menghambat penyerapan nutrisi.

Penuhi kebutuhan nutrisi bergizi seimbang seperti suplementasi vitamin D yang berfungsi mencegah penyakit kulit seperti eksim dan bisa memperbaiki Imunitas ketika berpuasa

Tinggalkan Balasan