Dokter Bagikan Cara Bikin Jamu untuk Pasien Cacar Monyet

Jakarta, KabarBerita.id — Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) menganjurkan pasien cacar monyet untuk mengonsumsi jamu herbal setiap hari. Jamu yang dikonsumsi harus bersifat imunostimulan.

“Obat atau jamu herbal yang biasa dipakai untuk membantu penyembuhan cacar monyet atau juga mempercepat penyembuhan adalah herbal-herbal yang bersifat imunostimulan,” ujar Ketua Umum PDPOTJI Inggris Tania di Jakarta, Jumat (3/11), melansir Antara.

 

Cacar monyet sendiri merupakan infeksi virus yang bersifat self healing disease alias bisa sembuh sendirinya dengan bantuan imunitas tubuh. Salah satu cara memperkuat imunitas adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal.

 

Inggrid mengatakan, ada banyak jenis bahan herbal bersifat imunostimulan. Beberapa di antaranya bahkan umum ditemukan sebagai bumbu masak.

 

“Banyak sekali sebetulnya herbal-herbal Indonesia yang bersifat imunostimulan yang bisa menjadi pilihan. Misalnya meniran, kemudian sambiloto, temulawak, kunyit, jahe, pegagan, maupung juga bawang putih,” papar Inggrid menjelaskan.

 

Pasien disarankan untuk meminum jamur tersebut 2-3 kali dalam sehari. Untuk hasil yang lebih maksimal, minum jamu sebelum makan. Namun bagi pasien yang memiliki masalah di lambung, jamu akan aman jika diminum setelah makan.

 

Cara membuat jamu di rumah

Bahan-bahan tersebut bisa diracik sendiri di rumah. Caranya juga terbilang mudah.

 

Pertama, pastikan bahan-bahan herbal yang akan digunakan telah dicuci bersih. Setelah dipastikan bersih, geprek bahan herbal yang digunakan.

 

Tak perlu banyak-banyak, Anda hanya perlu menggunakan bahan herbal sebesar ibu jari. Dengan takaran itu, Anda bisa membuat 1-2 gelas air rebusan.

 

Setelah dicuci, rebus bahan-bahan herbal yang telah disiapkan di dalam air mendidih selama 10-15 menit.

 

Anda juga bisa mencampur beberapa bahan herbal. Misalnya saja, mencampur kunyit dan temulawak dalam satu sajian.

 

Anda bisa menambahkan bahan-bahan di atas dengan pemanis seperti gula merah, madu, dan jeruk nipis. Namun, pastikan agar tidak terlalu berlebih.

Tinggalkan Balasan