Dishub Sebut Pemudik Mulai Berdatangan ke Yogyakarta

Yogyakarta, KabarBerita.id — Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan kedatangan lebih awal para pemudik di wilayahnya sepekan menjelang Lebaran 2024.

Plh Kepala Dishub DIY Sumariyoto menjelaskan, para pemudik itu terpantau menggunakan moda angkutan kereta api dan tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta, Sabtu (30/3) kemarin

“Kalau jumlahnya saya belum tahu, tapi sudah dipastikan ada mulai hari Sabtu kemarin sudah ada pemudik yang mendahului,” kata Sumariyoto di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, DIY, Senin (1/4).

Sumariyoto meyakini kereta api masih jadi moda transportasi favorit untuk bepergian jarak jauh ke luar daerah. Hanya saja, menurutnya, kuota tiket mudik lebaran ini terbatas atau cuma sepersekian dari prediksi total 11,7 pemudik dengan tujuan DIY.

Kondisi itulah yang membuat para pemudik pengguna jasa kereta api datang lebih awal ke DIY. Sementara untuk kondisi jalan raya, kata dia, masih belum ada eskalasi volume kendaraan pribadi atau umum.

“(Sabtu kemarin) di stasiun aja. Kerumunan orangnya, pergerakan, antrean, kendaraan masuk jemput, dan memang data menunjukkan sudah ada peningkatan jumlah penumpang KA,” katanya.

“Yang naik sudah, yang turun juga sudah karena Jogja ini daerah asal dan tujuan pemudik,” sambung Sumariyoto.

Survei Kementerian Perhubungan sebelumnya menunjukkan DIY menjadi daerah tujuan mudik bagi 11,7 juta orang tahun ini.

Angka itu merupakan yang tertinggi keempat nasional setelah provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

“Kalau dari prediksi itu kan sekitar dua juta lebih meninggalkan Jogja, tapi kedatangan sebelas juta,” pungkas Sumariyoto.

Tinggalkan Balasan