Diderita Jet Li, Apa Itu Hipertiroid?

Jakarta, KabarBerita.id — Penampilan Aktor laga Jet Li dalam sebuah iklan jadi sorotan lantaran terlihat kurus dan disebut lebih tua dari usianya. Warganet berspekulasi aktor 60 tahun itu terlihat lebih tua karena penyakit hipertiroid yang ia derita sedang kambuh.

Lantas, apa itu hipertiroid?

Jet Li diketahui mengidap hipertiroid, kondisi yang disebabkan oleh kadar hormon terlalu tinggi dalam tubuh, sejak 2010 lalu.

Hipertiroid atau hipertiroidisme merupakan kondisi saat kadar hormon tiroksin dalam tubuh begitu tinggi. Hormon tiroksin dihasikan oleh kelenjar tiroid. Kelenjar ini terletak pada leher bagian depan.

Hormon tiroksin berfungsi mengatur metabolisme. Gangguan pada produksi hormon otomatis membuat metabolisme tubuh terganggu.

Hipertiroid dapat disebabkan oleh beragam kondisi. Dilansir dari berbagai sumber, ia dapat disebabkan oleh penyakit graves atau penyakit autoimun. Tubuh membuat antibodi yang disebut thyroid-stimulating immunoglobulin (TSI). Antibodi membuat kelenjar tiroid terlalu aktif dan produksi hormon terlalu banyak.

Penyebab kedua ialah Tiroiditis atau peradangan pada kelenjar tiroid akibat infeksi bakteri, virus atau produksi antibodi yang menyerang kelenjar tiroid. Kerusakan kelenjar berakibat pada kebocoran hormon tiroid.

Selain itu, hipertiroid dapat disebabkan oleh nodul tiroid atau kemunculan gumpalan yang terbentuk pada kelenjar tiroid, efek samping obat, kanker tiroid, kehamilan, tumor adenoma pada kelenjar hipofisis atau kelenjar yang terletak di dasar otak.

Gejala hipertiroid

Melansir National Institutes of Health (NIH), mereka yang mengidap hipertiroid dapat diketahui dengan melihat beberapa gejala antara lain penurunan berat badan, tetapi dengan nafsu makan yang meningkat, peningkatan tekanan darah, tremor, sering berkeringat, sulit konsentrasi, buang air lebih sering, denyut jantung tidak teratur, sulit tidur, mual dan muntah, rambut rontok, kelenjar tiroid membesar (gondok) serta ginekomastia atau pembesaran kelenjar payudara pada pria dan gangguan irama jantung atau aritmia.

Tinggalkan Balasan