Berita  

Deteksi Dini sebagai Bentuk Pecegahan Kasus Kanker di Indonesia

Ilustrasi Kanker

Jakarta, KabarBerita.id — Sebagai kunci dalam menghadapi kasus kanker, dr.Daeng M Faqih sebagai ketua umum PB Ikatan Dokter Indonesia mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi serta upaya deteksi dini kanker.

Dalam acara daring “Cegah Kanker, Deteksi Dini Sekarang Juga”, Pada hari Rabu (21/4),dr.Daeng mengatakan bahwa masih banyak aspek-aspek kanker yang belum diketahui masyarakat, seperti bagaimana cara deteksi dini kanker.

Menurutnya,keterlambatan dalam mendeteksi kanker dapat membuat penyakit tersebut menjadi lebih berat. Misalnya, pada pasien dengan kasus kanker stadium 4 akan cenderung mengalami tingkat kesakitan yang lebih tinggi dan sulit untuk sembuh.

Pemanfaatan layanan kesehatan berbasis daring atau dikenal sebagai telemedicine, ialah sebagai salah satu cara supaya masyarakat dapat paham mengenai hal ini. Dalam kesempatan tersebut,masyarakat dapat mempelajari tanda-tanda kanker dan juga memeriksa sendiri gejala yang mungkin dialami tubuh.

Penting adanya pendampingan dari para tenaga medis dalam penanganan kanker. Menurutnya pasien kanker sering mengalami masalah psikologis maka mereka memerlukan konsultasi kesehatan pada pakar agar bisa dibantu. Dalam hal ini layanan telemedicine juga berperan penting.

Adanya platform kesehatan digital yang kini bisa menjangkau berbagai masalah kesehatan termasuk edukasi serta deteksi dini kanker yang bekerjasama dengan layanan medis, sangat diapresiasi oleh Daeng.

Menurutnya,kedekatan dokter dengan pasien dapat terjalin dengan adanya platform semacam ini,sehingga keberhasilan penanganan kesehatan bisa didapatkan.

Tinggalkan Balasan