Depok Buka 2.683 Lowongan Kerja di Perusahaan

Antrian panjang mendaftar lowongan pekerjaan
Antrian panjang mendaftar lowongan pekerjaan

Kabar Berita.id – Untuk menekan angka pengangguran di Kota Depok, Jawa Barat, sebanyak 2.683 lowongan disiapkan oleh sejumlah perusahaan swasta di kota tersebut. Rata-rata peminatnya adalah lulusan SMK dan SMA.

Ribuan lowongan untuk para pencari kerja itu disiapkan Pemerintah Kota Depok secara gratis pada ajang bursa kerja 2017, di area pusat perbelanjaan D’Mall, Jalan Margonda Raya, Depok. Pagelaran bursa kerja ini pun langsung disambut antusias oleh warga Depok. Hal ini terlihat dari membeludaknya jumlah peserta yang mendaftar pada Rabu 6 September 2017.

“Ini adalah bagian dari upaya kami (Pemkot Depok) dalam menekan angka pengangguran di kota ini. Dan ini sudah yang kedua kalinya kami lakukan dalam tahun 2017 ini,” kata Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna usai membuka bursa kerja tersebut.

Pradi menuturkan, angka pengangguran di kota ini menurun tiap tahunnya. Berdasarkan data yang diperoleh, pada 2015, angka pengangguran di Kota Depok sekitar 7,5 persen.

“Angka itu jauh lebih rendah dari tahun 2014. Nah untuk tahun 2016 dan 2017 ini saya masih belum detail, tapi yang jelas terus menurun,” katanya.

Pradi mengatakan, mereka yang mendaftar atau mencari kerja pada bursa tersebut, diprioritaskan warga Depok dan wajib berdomisili di Kota Depok. Bursa kerja ini akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Saya harapkan perusahaan-perusahaan yang ada di Depok ini mampu menyerap tenaga kerja lokal sekitar 70 hingga 80 persen. Nanti akan saya cek langsung ke lokasi perusahaannya, biar saya lihat benar enggak banyak warga Depok yang terserap,” tutur Pradi.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Diah Sadiah mengaku, rata-rata para pencari kerja berminat pada bidang jasa.

Sumber : Viva.co.id

Tinggalkan Balasan