Depok Berhasil Pertahankan Kota Layak Anak 6 Kali dengan Predikat Nindya

Depok, KabarBerita.id — Pemerintah Kota Depok hingga kini masih mampu mempertahankan Kota Layak Anak (KLA) sebanyak enam kali secara berturut-turut. Hal itu ditandai dengan penghargaan predikat Nindya Tahun 2023.

“Alhamdulillah, Depok dapat predikat Nindya lagi tahun ini. Artinya sudah enam kali berturut-turut diraih Kota Depok yakni pada 2017, 2018, 2019, 2021, 2022 dan 2023,” ujar Imam Budi Hartono, Wakil Wali Kota Depok.

Imam mengaku bersyukur dan berterima kasih banyak atas kegigihan dan kerja sama teman-teman, baik di dinas maupun stakeholder untuk mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) dan mempertahankan peringat Nindya.

“KLA merupakan kota yang mampu merencanakan, menetapkan, serta menjalankan seluruh program pembangunan dengan orientasi hak dan kewajiban anak. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” ujarnya.

Di Indonesia, kata dia, setiap tahunnya ada penilaian dan penghargaan yang diberikan pada kota-kota ramah anak.

“Nantinya, tim evaluasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), kementerian lembaga dan Tim Independen akan mengkategorikannya dalam lima peringkat Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA,” jelasnya.

Dikatakannya, ada enam kriteria dalam menilai sebuah kota mendapat anugerah Kota Layak Anak dan setiap tahun dievaluasi oleh Kemen PPPA.

“Enak kriteria itu diantaranya Penguatan Lembaga, Hak Sipil dan Kebebasan, Hak keluarga dan pengasuhan alternatif, Hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, Hak pendidikan dan kegiatan seni budaya dan Hak perlindungan khusus,” katanya.

Terakhir, Imam mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder agar terus berkomitmen untuk mempertahankan predikat tersebut dan syukur-syukur bisa ditingkatkan statusnya menjadi Utama dan endingnya mampu meraih KLA.

Tinggalkan Balasan