Demokrat Klaim SBY Tahu Nama Cawapres Anies Baswedan

Jakarta, KabarBerita.id — Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahu nama calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Selain SBY, kata dia, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga telah mengetahui nama tersebut dari Anies langsung. Begitu pula ketua umum Partai NasDem dan PKS.

“(SBY) sudah mengetahui tentunya, sudah mengetahui,” kata Herzaky usai acara Political Road Show CNN Indonesia di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (30/8).

Herzaky menegaskan Demokrat berkomitmen terhadap isi piagam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bahwa cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Anies.

Namun ia mengingatkan agar cawapres Anies memenuhi kriteria yang telah disepakati dalam piagam koalisi.

“Kalau Mas Anies menyodorkan yang memenuhi lima kriteria ya kami pasti akan mengikuti,” ucapnya.

Herzaky meyakini Demokrat bersama Partai NasDem dan PKS mampu memenangkan Anies dalam Pilpres mendatang.

“Kami harus fokus dan yakin tiga parpol ini cukup kok, Pak SBY dulu hanya 15 persen bisa menang di 2004. Jadi kalau hanya tiga partai ya tidak masalah yang penting kan rakyat,” ucapnya.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsy mengatakan Anies Baswedan sudah membawa nama cawapres saat bertemu Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri pada Sabtu (26/8).

Aboe Bakar mengatakan nama yang dibawa tak hanya satu dan dia pun enggan mengungkap nama-nama cawapres yang dibawa Anies. Ia juga memastikan belum ada finalisasi terkait cawapres untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Hingga kini Anies masih diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang beranggotakan Partai NasDem, Demokrat, dan PKS.

Namun Anies belum mengumumkan nama cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres. Koalisi Perubahan telah menandatangani piagam Koalisi yang intinya menyerahkan cawapres ke Anies.

Tinggalkan Balasan