Cerita Farhan Halim Jadi Runner Up Asia hingga Melawan Lelah

Jakarta, KabarBerita.id — Farhan Halim cuma punya waktu istirahat satu hari bersama usai tampil bersama Timnas Voli Indonesia di SEA Games 2023 ke Piala Asia Klub Voli (AVC Cup) 2023 di Bahrain.

Timnas Voli menjalani laga final SEA Games 2023 pada 8 Mei. Pertandingan melawan Kamboja itu berlangsung pada 8 Mei di Phnom Penh, Kamboja. Timnas Voli meraih medali emas setelah menang 3-0.

Sehari setelah meraih emas itu Farhan langsung kembali ke Indonesia. Farhan harus segera bergabung dengan rekan-rekannya di Jakarta Bhayangkara Presisi yang akan tampil di Asian Men’s Volleyball Championship (AVC).

Tepat pada 12 Mei, tim terbang ke Bahrain. Sehari setelah sampai di Bahrain, Farhan langsung tampil dalam AVC. Lawan pertama yang dihadapi adalah tim tuan rumah Al Ahli. Kekalahan tak terelakkan.

Kekalahan ini cukup diprediksi karena datang ke Bahrain dengan waktu yang mepet. Pemain hanya punya waktu satu hari untuk adaptasi dan peregangan otot. Namun pertandingan selanjutnya bisa dimenangkan.

Pada akhirnya Bhayangkara Presisi melaju ke babak final melawan Suntory Sunbirds. Pertandingan pemungkas ini berakhir dengan kekalahan, skor 1-3. Farhan mengakui kondisinya cukup lelah menjalani pertandingan maraton.

“Saya kelelahan [saat tampil di klub] di kejuaraan Asia. Kami hanya punya waktu istirahat satu hari,” ucap pemain yang mencuri perhatian selama tampil di SEA Games 2023 dengan servisnya itu.

Kendati gagal menjadi yang terbaik di pentas Asia, Farhan tetap bersyukur. Pasalnya torehan sejarah menjadi tim Indonesia pertama yang tampil di partai final AVC sama sekali tidak terduga oleh siapapun.

“Ini melebihi ekspektasi kami sebagai runner up. Dari manajemen juga tidak menargetkan apapun. Yang penting kami main lepas dan main bebas. Kebetulan dikasih rezeki ke final,” kata Farhan.

Tantangan tahun ini yang akan dihadapi Farhan dan Timnas Voli Putra Indonesia adalah Asian Games dan Kejuaraan Asia. Farhan berharap pencapaian Indonesia naik, sehingga sangat butuh dukungan pemerintah.

“Fasilitas latihan yang mungkin ingin lebih lagi. Mess segala macam. Mungkin bisa tingkatkan. Kalau try out sebelum berangkat ke Asian Games ada ke Iran dan Taiwan. Minimal bisa ke final targetnya,” ucap Farhan.

Tinggalkan Balasan