Cegah Stunting dari Hulu Bisa dengan Aplikasi Elsimil

Jakarta, KabarBerita.id — BKKBN menggelar Sosialisasi Pencegahan Stunting dari Hulu dalam rangka penguatan peran serta mitra kerja dan stakeholder dalam implementasi kegiatan prioritas pembangunan keluarga bersama mitra kerja di Jl. Ukir 2 RT.005 RW.006 Kel. Kapuk , Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (30/5/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua komisi IX DPR RI Charles Honoris yang diwakili Tenaga Ahli Monang Tambunan, Penata kependudukan dan Keluarga berencana Ahli Muda BKKBN dr. Indah Nurwulan, Ketua Komite Tetap Pencegahan dan Pengendalian Penyakit KADIN Indonesia Hilda Kusuma Dewi dan Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas DPPAPP Provensi DKI JAKARATA Drs. Hendry Novtrizal.

Monang menyebut Charles Honoris berkomitmen kuat mendukung setiap upaya BKKBN dalam proses penurunan stunting di Indonesia.

“Stunting berkaitan erat dengan generasi masa depan. Bapak Charles Honoris berkomitmen penuh untuk mendukung setiap upaya penurunan angka stunting,” kata Monang.

dr Indah Nurwulan menambahkan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mendorong memaksimalkan aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil) dengan mendorong calon pengantin memeriksakan kesehatan diri sebelum melangsungkan pernikahan.

Sebagai upaya mencegah stunting sejak dari hulu, BKKBN sudah meluncurkan aplikasi berbasis android itu beberapa waktu yang lalu dan dilakukan penguatannya melalui workshop Implementasi Elsimil Kabupaten/Kota 2023.

Indah menyebut Calon pengantin harus memeriksakan diri terlebih dahulu untuk mengetahui risiko stunting selama kehamilan. Pemeriksaan kesehatan meliputi kadar Hemoglobin (hB), ukuran lingkar lengan, tinggi dan berat badan.

“Kalau sudah diperiksa maka akan terlihat memenuhi syarat atau tidak untuk hamil. Itu bisa dipantau melalui aplikasi Elsimil, karena hasil pemeriksaan kesehatan calon pengantin itu diinput ke dalam aplikasi Elsimil yang menjadi acuan bagi Tim Pendampingan Keluarga. Harus diingat, Elsimil bukan acuan calon pengantin untuk boleh menikah atau tidak,” ujarnya.

Dia memastikan Elsimil untuk mengidentifikasi calon pengantin. Elsimil merupakan alat pencegahan stunting dari hulu mulai dari screening, edukasi, pendampingan bagi calon pengantin

Tinggalkan Balasan