Cegah Rabies, Aceh Tamiang Gencarkan Vaksinasi ke Rumah Penduduk

Kualasimpang, KabarBerita.id — Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggencarkan vaksinasi hewan penular rabies (HPR) dengan mendatangi langsung rumah penduduk.

Vaksinasi ini akan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Aceh Tamiang dengan mengaktifkan empat Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), pada Sabtu (7/10/2023) besok.

“Empat Puskeswan yang ada di Aceh Tamiang akan diaktifkan seluruhnya, untuk mendukung program vaksinasi ini,” kata Plt Kadistanbunak Aceh Tamiang, Yunus, Jumat (6/10/2023).

Yunus menjelaskan vaksinasi rabies ini merupakan dukungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terhadap pemerintah pusat, dalam menyambut Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap 28 September.

“Salah satu kegiatan memperingatinya dengan melakukan vaksinasi rabies yang dilakukan serentak pada 7 Oktober,” jelas Yunus.

Kabid Peternakan Distanbunak Aceh Tamiang, Muhammad Yunus menambahkan pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan dengan mendatangi langsung rumah penduduk yang memelihara HPR.

Jenis HPR yang terdapat di Aceh Tamiang di antaranya kucing, anjing dan kera.

“Yang memungkinkan diberi vaksin hanya anjing dan kucing karena jenis hewan peliharaan, sementara kera merupakan hewan liar,” kata Yunus.

Muhammad Yunus mengatakan, sejauh ini Aceh Tamiang belum pernah melaksanakan vaksinasi rabies.

Hal ini sebanding dengan kasus rabies yang juga belum pernah ditemukan di daerah ini.

Begitupun, dia berharap pemilik ternak koorperatif memberikan peliharaannya untuk divaksin sebagai upaya perlindungan dini munculnya wabah rabies.

Diketahui, virus rabies bila menyerang manusia akan menyebabkan lebih emosional.

“Makanya untuk menghindarinya, kami berharap pemilik HPR koorperatif agar vaksinasi ini bisa berjalan baiik,” saran Muhammad Yunus.

Tinggalkan Balasan