Cara Lancarkan Darah Haid yang Sedikit agar Kembali Normal

Jakarta, KabarBerita.id — darah haid yang keluar sedikit dapat menjadi masalah yang bisa saja terjadi ketika sedang datang bulan. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk melancarkan darah haid yang sedikit supaya kembali normal.
Anda juga bisa mengatasi dengan menerapkan kaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Dilansir laman kesehatan WebMd, penyebab darah haid tidak lancar sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal. Orang-orang yang sering mengalami masalah ini umumnya adalah remaja putri dan wanita menjelang menopause.

Hal tersebut karena hormon estrogen dan progesteron tubuh wanita saat remaja dan usia lanjut memengaruhi pola normal menstruasi sehingga kerap mengalami haid tidak lancar.

Penyebab lainnya bisa juga karena penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), mengganti pil KB, menggunakan obat-obatan tertentu, berolahraga terlalu banyak, PCOS, dan lainnya.

Selain itu daya tahan tubuh dan stres juga dianggap dapat memengaruhi siklus dan pola menstruasi.

Dilansir Healthline, berikut merupakan Cara Melancarkan Darah Haid yang Sedikit

1. Berlatih yoga
Gerakan Yoga dinilai bisa membantu melancarkan haid secara efektif. Penelitian yang diterbitkan The Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan sejumlah fakta mengenai manfaat berlatih yoga.

Yoga juga dapat membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat jadwal haid tidak teratur.
Berbagai manfaat ini dirasakan oleh peserta yang telah beryoga selama 35-40 menit untuk 5 hari seminggu selama 6 bulan.

2. Menjaga berat badan
Tubuh yang terlalu kamu atau terlalu kurus bisa mempengaruhi siklus serta volume darah haid. Maka dari itu sebaiknya jaga berat badan supaya tetap ideal untuk membantu melancarkan haid setiap bulannya.

3. Olahraga secara rutin
Olahraga tidak sekedar memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh namun juga bisa membantu mengatasi masalah haid yang tidak lancar serta meringankan gejala menstruasi seperti kram.

Selain itu olahraga secara rutin juga bisa membantu Anda untuk mencapai atau mempertahankan berat badan yang sedang di rekomendasikan.

4.Konsumsi Jahe

Jahe merupakan rempah yang tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu namun juga dapat digunakan sebagai obat rumahan. Salah satunya untuk mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur dan meredakan rasa nyeri yang terjadi ketika haid.

cukup rebus satu hingga dua ruas jahe ke dalam secangkir air. Meski demikian tidak disarankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi air jahe setiap hari karena dapat menyebabkan mulas dan sakit perut.

5. Kayu manis
Kayu manis juga bermanfaat untuk berbagai masalah menstruasi karena bisa membantu mengatur siklus menstruasi. Selain itu kayu manis juga terbukti dapat mengurangi nyeri haid dan meredakan rasa mual serta muntah.

6. Banyak minum air putih
Hal yang tidak kalah penting yaitu banyak mengkonsumsi air putih ketika haid supaya tubuh tetap terhidrasi. Apabila asupan air terpenuhi maka dapat terhindar dari rasa nyeri haid seperti kram perut dan nyeri punggung.

Selain itu, tubuh yang terhidrasi juga dapat membantu melancarkan haid dan membantu mencegah darah mengental.

7. Kunyit
Dikenal memiliki banyak manfaat Kunyit juga dapat mengatasi masalah yang terjadi saat haid. Mau konsumsi kunyit bisa mengurangi Peradangan serta memperbaiki suasana hati ketika sedang haid.

Kunyit memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen yang bisa membantu mengatur siklus menstruasi.

Demikian sejumlah cara melancarkan darah haid yang sedikit. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan