Cara Efektif Bersihkan Lendir di Tenggorokan

Jakarta, KabarBerita.id — Lendir di tenggorokan begitu mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Lendir melindungi sistem pernapasan sebagai pelumas dan penyaring. Alergen, virus, debu dan kotoran lain akan menempel pada lendir lalu keluar dari sistem pernapasan.

Namun terkadang ada beberapa kondisi yang membuat produksi lendir oleh selaput lendir jadi berlebihan seperti, refluks asam lambung, asma, alergi, infeksi penyakit, kondisi lingkungan dan gaya hidup.

Saat produksinya berlebihan, tentu hal ini cukup mengganggu. Berikut cara membersihkan lendir di tenggorokan tanpa harus menggunakan obat.

1. Kumur dengan air garam

Seperti dilansir dari Healthline, air garam akan membersihkan lendir dan bisa membunuh bakteri. Caranya, cukup campur air hangat dan garam secukupnya. Setelah itu, kumur hingga ke area belakang mulut (gargle) dan buang.

2. Cukup minum

Sebaiknya jaga hidrasi tubuh dengan mencukupi kebutuhan cairan. Seperti dilansir dari Medical News Today, tubuh yang terhidrasi akan menjaga lendir tetap tipis.

3. Pakai pelembap udara

Udara kering berpotensi mengiritasi hidung dan tenggorokan. Untuk mengkompensasi kekeringan di saluran pernapasan, selaput lendir akan memproduksi lendir ekstra.

Sebaiknya buat udara di ruang atau kamar lebih lembap dengan bantuan humidifier. Udara yang lembap akan mencegah produksi lendir tambahan sehingga mencegah sakit tenggorokan dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara membersihkan lendir di tenggorokan. Mengapa? Selama Anda di kamar mandi, uap air akan membantu melonggarkan dan membersihkan lendir.

Tinggalkan Balasan