Cara Bersihkan Mata dari Debu Polusi

Jakarta, KabarBerita.id — Sejumlah cara membersihkan mata dapat dilakukan untuk memastikan mata terbebas dari paparan debu polusi yang dapat menimbulkan iritasi dan gatal.
Cara ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi efek paparan bahan kimia dan kemasukan benda asing yang membahayakan. Bahkan, dapat mengganggu fungsi mata.

Jika Anda merasa ada sesuatu yang mengganjal, membuat mata tidak nyaman dan kering, atau bahkan mengaburkan pandangan, cobalah untuk membersihkan mata.

Meski sebenarnya mata dapat membersihkan dirinya sendiri dengan air mata setiap berkedip. Namun terkadang air mata tidak dapat menghilangkan partikel asing atau efek bahan kimia berbahaya dengan cukup cepat.

Oleh karenanya, beberapa cara ini dapat Anda coba. Khususnya ketika terjadi keadaan darurat.

Penyebab Mata Harus Dibersihkan
Berikut beberapa hal yang membuat mata harus dibersihkan.

Paparan debu polusi: Debu polusi mungkin tak terlihat tetapi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi mata. Mulai dari kering, gatal, sampai merah.

Infeksi atau peradangan: Infeksi atau peradangan karena infeksi virus atau bakteri juga dapat menimbulkan rasa nyeri, iritasi, bengkak, merah sampai infeksi konjungtivis di dalam kelopak dan bagian putih mata.
Paparan bahan kimia: Paparan bahan kimia yang tidak sengaja mengenai mata dapat menimbulkan luka pada mata. Yang paling umum berupa luka bakar.

Kemasukan benda asing: Kemasukan benda asing seperti pasir, kotoran, dan partikel lainnya dapat mengotori dan mengganggu kerja mata. Apalagi kalau sampai kemasukan serpihan kaca, logam, atau bahan buatan lainnya. Jika dibiarkan menempel di mata, maka dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi berkelanjutan.

Berikut cara membersihkan mata dari debu polusi sampai kemasukan benda asing.

1. Pakai air mata
Air mata adalah cairan pembersih alami mata karena mengandung lysozyme yang dapat membunuh bakteri di mata. Ketika mata terasa tidak enak seperti kotor, kering, atau pandangan kabur, cobalah untuk membilas mata dengan air mata.

Caranya dengan memancing diri untuk menangis sehingga air mata keluar. Jika sulit, Anda dapat merangsang air mata keluar dengan menarik kelopak mata bagian atas dan bawah ke arah luar, lalu tahan sebentar sampai air mata keluar.

2. Bilas dengan air
Cara membersihkan mata selanjutnya adalah dengan membilasnya dengan air. Namun pastikan air tersebut bersih dan lepaskan lensa kontak terlebih dahulu jika menggunakannya.

Caranya, miringkan kepala lalu alirkan air dari keran atau pancuran sehingga membilas mata. Namun pastikan, posisi mata yang dibilas ke arah bawah sehingga air bilasannya tidak mengenai mata yang satu lagi.

Selain itu, pastikan aliran air mengalir dari mata bagian dalam ke sudut luar. Lakukan proses bilas mata ini selama 10-15 menit dan usahakan mata tetap terbuka selama dibilas.

3. Bilas dengan tangan atau kain lembut
Caranya, cuci tangan dulu, lalu tatap cermin untuk menemukan partikel tersebut. Kemudian coba kedipkan mata dan biarkan air mata terbentuk untuk membersihkan partikel itu.

Jika partikel mengarah ke sudut mata, coba keluarkan dengan tangan atau kain lembut yang basah dan bersih.

4. Gunakan obat tetes mata
Cara lain yang dapat digunakan untuk membersihkan mata adalah menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas di pasaran. Namun pastikan obat tersebut memang benar-benar aman digunakan.

Caranya teteskan obat tetes mata ke tengah mata lalu arahkan ke sudut mata terluar sehingga kotoran atau partikel lain yang menempel dapat digiring ke luar dari mata.

5. Pakai eye bath cup
Saat ini ada eye bath cup, yaitu wadah cekung yang dijual bebas di apotek. Anda juga dapat menggunakan ini untuk membersihkan mata.

Caranya, buka kemasan eye bath cup lalu tuangkan air bersih ke dalamnya. Kemudian, tundukkan kepala dan arahkan mata ke dalam eye bath cup lalu rendam sejenak.

Saat direndam, coba gerakkan mata untuk menutup dan terbuka secara perlahan. Lakukan hal ini berulang sampai mata terasa nyaman atau partikel yang menempel keluar.

Tinggalkan Balasan