Cak Imin Janjikan Dana Desa Bisa Naik Hingga Rp5 Miliar

Jakarta, KabarBerita.id — Bakal calon Wakil Presiden dari PKB, Muahimin Iskandar alias Cak Imin mengungkap target terkait dana desa yang ingin dia perjuangkan. Dia menyebut dana desa bisa ditingkatkan hingga Rp5 miliar.

“Kami sudah menghitung dana desa untuk 2023 ini Rp2 miliar per desa cukup. Bisa meningkat drastis Rp5 miliar per desa. Ini target yang ingin diperjuangkan di pemerintahan baru,” kata dia di Jombang, Jawa Timur, Minggu (10/9).

Cak Imin berada di Jombang untuk bertemu dengan para kiai dan Ketua DPC PKB Jawa Timur.

Bulan lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dana untuk pembangunan desa-desa di pinggiran dan daerah terluar mencapai Rp539 triliun pada periode 2015-2023.

Dana desa juga menjadi salah satu dari enam dekret Dewan Pimpinan Pusat PKB untuk para kader yang disampaikan dalam peringatan hari lahir (harlah) ke-25 di Solo, Jawa Tengah, pada Juli lalu.

Saat itu dia meminta kader PKB mengawasi dan memastikan dana desa bebas korupsi. Menurut dia dana desa adalah pusat rencana kemajuan Indonesia di masa depan.

Cak Imin di Jombang juga menyampaikan intensif menjalin komunikasi politik termasuk dengan PKS.

“Terus jalan terus. Saya berupaya mendekati PKS. Dalam waktu dekat kami akan ke PKS,” katanya.

Saat PKS menggelar acara Apel Siaga di Palembang, Sumatera Selatan pada Minggu (10/9), Cak Imin tak dilibatkan. Sementara Anies Baswedan, pasangan Cak Imin untuk maju sebagai calon presiden 2024, mengikuti acara tersebut.

PKS menjelaskan sejauh ini belum memutuskan mendukung Cak Imin sebagai cawapres Anies karena masih menunggu keputusan Majelis Syuro.

Tinggalkan Balasan