Viral  

Bupati Banyuwangi Raih Penghargaan TOP IT dan Telco 2017

Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menerima penghargaan TOP IT dan Telco 2017. Penghargaan ini merupakan penghargaan tertingi di Indonesia di bidang IT dan Telco yang diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan atau instansi pemerintah yang dinilai berhasil dalam implementasi TI dan Telco serta mampu memanfaatkan untuk meningkatkan kinerja, daya saing dan layananannya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kominfo tersebut.

“Penghargaan kami terima Selasa kemarin. Dan diserahkan langsung oleh Mensesneg, Pratikno,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikcom saat dihubungi, Kamis (2/11/2017).

Bupati Anas mengatakan penghargaan tersebut merupakan bonus atas konsistensi dan komitmen Banyuwangi menggunakan teknologi informasi sebagai kendaraan percepatan kemajuan daerah.

“Saat ini zaman dengan cepat berubah. Perubahan dan inovasi khususnya di bidang teknologi informasi telah merubah cara interaksi manusia hingga peta persaingan usaha. Banyuwangi sendiri tidak ingin tergilas zaman, sehingga pemanfaatan teknologi di berbagai bidang menjadi sesuatu keharusan. Kita telah melihat apa yang disebut sebagai disruption teknologi telah merubah peta persaingan usaha. Perusahaan besar ataupun daerah yang tidak mau berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan tenologi akan tertinggal,” kata Bupati Anas.

Penggunaan teknologi informasi (TI) bagi Banyuwangi merupakan sebuah kebutuhan. Dengan wilayah yang luas dengan jumlah penduduk lebih dari satu juta cara ini memungkinkan Banyuwangi melakukan pemerataan pembangunan dan memberikan kemudahan akses pelayanan publik bagi warganya.

“IT mampu memberikan kecepatan dan efisiensi dibidang pelayanan publik serta memberikan akuntabilitas pada program perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pembangunan kami,” ujarnya.

Saat ini Banyuwangi telah bertransformasi menjadi kota digital. 1400 Titik wifi telah dipasang dan dapat ditemui dengan mudah di seantero Banyuwangi. “Kami menjadikan teknologi informasi menjadi kendaraan percepatan kemajuan daerah sekaligus identitas baru bagi Banyuwangi sebagai daerah yang melek teknologi,” ujarnya.

Anas menambahkan, Banyuwangi juga telah menjalankan program ‘Smart Kampung’, program pengembangan desa terintegrasi yang memadukan antara penggunaan TIK berbasis serat optik, peningkatan kualitas pelayanan publik, kegiatan ekonomi produktif, peningkatan pendidikan-kesehatan, dan upaya pengentasan kemiskinan.

“Dengan Smart Kampung, urusan administrasi kependudukan itu diselesaikan di tingkat desa. Kami memanfaatkan jaringan TIK yang kuat dengan fiber optikckarena yang berjalan adalah datanya, bukan orangnya,” cetus Anas.

Untuk menjawab tantangan pengelolaan keuangan desa yang mendapatkan dana besar dari APBN dan APBD, Banyuwangi mengembangkan e-village budgeting dan e-monitoring system. Perencanaan hingga pelaporan di tingkat desa terintegrasi dalam sebuah sistem.

“Misalnya monitoring, setiap proyek terpantau di sistem lengkap dengan titik koordinatnya. Tinggal diklik, keluar gambar proyeknya dari 0 sampai 100 persen. Jadi bisa meminimalisasi proyek ganda, sekaligus memberi rasa aman kepada perangkat desa mengingat tanggung jawabnya semakin besar karena dana yang mengalir ke desa juga terus bertambah,” jelas Anas.

Begitu juga untruk layanan kependudukan, antrean pembuatan KTP elektronik yang sangat panjang, mengharuskan warga mengurus surat keterangan (suket) sebagai pengganti KTP El. Jika dulu harus dilakukan di Kantor Dispenduk di Kota, maka sekarang warga cukup mengurus di tingkat kecamatan.

“Warga tidak perlu membuang waktu datang ke kota, karena kecamatan sudah online untuk pengurusan suket dengan Dispenduk. Selain itu untuk memberikan pelayanan maksimal, KTP El warga yang sudah jadi juga diantar ke rumah, ini sebagai bonus dari pemerintah daerah bagi warga yang telah lama mengantre KTP,” ujarnya.

Selain Smart Kampung, dalam pelayanan publik Banyuwangi juga telah menggunakan TIK sebagai instrumen. Seperti e-government, e-budgeting, e-health, e-Sakip.

Tinggalkan Balasan