Bukittinggi Buka Penerimaan Paskibraka 2023 secara Online

Bukittinggi, KabarBerita.id — Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) membuka pendaftaran secara online atau dalam jaringan bagi pelajar SMA sederajat untuk menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023.

“Perekrutan ini sudah disosialisasikan di berbagai sekolah SMA dan SMK sederajat di seluruh Kota Bukittinggi melalui dua opsi,” kata Kabid Pemuda Dispora Bukittinggi, Hendra Antony Hatta, Selasa.

Ia mengatakan, opsi pertama berupa pengumuman yang dibagikan di media sosial dan opsi kedua dilakukan melalui sistem perekrutan.

“Sosialisasi atau pemberitahuan kepada murid dan guru langsung ke sekolah sudah dilakukan, untuk pendaftarannya siswa-siswi tersebut bisa mendaftar secara online pada link Dinas Pemuda Olahraga Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Menurutnya, pada tautan link dinas itu sudah dijelaskan semua syarat pendaftaran yang sudah disediakan seperti usia, tinggi badan dan berat badan yang harus proporsional serta kesehatan siswa.

“Setelah lolos pendaftaran maka pelajar tersebut akan melaksanakan berbagai macam tes, baik kesehatan, tes akademik maupun psikologi,” katanya.

Disisi lain Plt. Kadispora Bukittinggi, Frince Maradoni mengungkapkan untuk pola sistem penerimaan Paskibraka 2023 terdapat perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dimana untuk tahun 2023 ini kita mengacu kepada Perpres No.51 tentang program pengibar bendera pusaka, dalam hal ini program ini dimandatkan melalui Perpres yakni melalui BIP (Badan Ideologi Pancasila) pusat,” katanya.

Ia menambahkan, keterkaitan penerimaan tidak hanya dalam satu OPD saja namun juga bekerjasama dengan Kesbangpol Kota Bukittinggi untuk pelaksanaan penerimaan Paskibraka secara online.

“Secara online tersebut melalui dua tingkatan yakni melalui tingkat daerah dulu kemudian ditindaklanjuti ke tingkat pusat nantinya,” katanya.

Tinggalkan Balasan