Berita  

BSMI Ditunjuk Jadi Koordinator Penanganan Kesehatan di Sigi

Palu, KabarBerita.id — Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) melakukan koordinasi penanggulangan bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah bersama BNPB, TNI dan Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah.

Sekretaris Jenderal BSMI Muhammad Rudi yang turut dalam koordinasi tersebut mengatakan, Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah menunjuk BSMI sebagai koordinator klaster kesehatan untuk seluruh Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Keputusan ini langsung ditindaklanjuti oleh BSMI dengan mendirikan RS Lapangan di Jl. Pramuka, Sigi Biromaru, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. “Dua tenda BPNB dan tenda khusus RS Lapangan dari Lombok sedang menuju Sigi dari Makassar akan digunakan sebagai RS Lapangan di Sigi,” papar Rudi di Palu, Jumat (5/10).

Rudi menambahkan, BSMI juga telah berkoordinasi dengan Bupati Sigi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi terkait lokasi pendirian RS Lapangan.

“Fokus kami memang pendirian RS Lapangan utama, mobile clinic yang sudah jalan sejak hari kedua gempa dan tsunami, mobile dapur umum dan bantuan logistik,” papar Rudi.

Koordinator Kesehatan BSMI Kabupaten Sigi dr Muhammad Idham Rahman menambahkan mobile clinic BSMI sudah merambah lima daerah utama seperti Klini Agung Taman Petobo, Balaroa, Desa Jono dan Desa Loru. “Selain itu BSMI membantu pelayanan kesehatan di RS Madani, Palu dengan mingirim 2-3 dokter untuk shift pagi-malam,” papar dia.

Ia melaporkan saat ini kondisi di Palu dan Sulteng pada hari ke-5 gempa listrik masih padam, BBM masih sulit dan banyak korban yang belum terakses bantuan baik logistik maupun kesehatan.

 

Tinggalkan Balasan