Bocorkan Hasrat Politik Kaesang, Gibran: Dia Incar Jabatan Eksekutif

Solo, KabarBerita.id — Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep berminat terjun di politik.

Pura sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengatakan adiknya itu ingin menduduki jabatan eksekutif sebagai langkah awalnya di perpolitikan Indonesia.

“Eksekutif,” ujar Gibran usai menghadiri groundbreaking Museum Budaya, Sains dan Teknologi Bengawan Solo dan Moxy Hotel by Marriott di Jalan Ki Hajar Dewantara, Rabu (25/1).

Gibran menjawab itu merespons pertanyaan jabatan politik yang diminati Kaesang.

Gibran sendiri berpeluang besar untuk maju di Pemilihan Gubernur 2024 mendatang. Praktis, ia tidak akan melanjutkan jabatannya sebagai Wali Kota Solo di periode mendatang.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Kaesang meneruskan kepemimpinannya, Gibran enggan menjawab.

“Yo ra ngerti (Ya nggak tahu). Tekono (tanyakan) Kaesang,” katanya.

Gibran mengaku tidak akan mengintervensi keputusan adiknya di bidang politik. Ia memberi kebebasan penuh kepada Kaesang untuk memilih partai dan daerah yang akan menjadi medan pertarungannya nanti.

“Kaesang aja yang memutuskan. Beda partai boleh, sama boleh, independen boleh. Semua bagus. Tergantung de’e ngko milih kota apa ya (dia nanti memilih kota apa),” kata Gibran.

Gibran hanya berpesan agar Kaesang menemui mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang juga kader senior PDIP  di Solo bila ingin maju di Pilwalkot di sana.

“(Kalau di Solo) ya Kaesang kon sowan ke Pak Rudy sik no (Kaesang harus menemui Pak Rudy dulu),” kata pria yang juga kader PDIP itu.

Girbran mengaku pengakuan Kaesang soal ketertarikannya untuk terjun di politik itu sempat mengagetkan keluarga presiden dua periode tersebut. Namun Gibran tetap mendukung langkah anak bungsu Jokowi itu.

“Saya juga bingung. Bingung dan agak shock. Tapi intinya saya mendoakan yang terbaik untuk Kaesang ya. Nanti penilaian warga seperti apa ya silakan,” katanya.

Gibran juga menilai Kaesang memiliki potensi besar sebagai pemimpin. Salah satunya sebagai Direktur Utama Persis Solo. Menurut Gibran, sejak dipimpin Kaesang, Persis Solo mengalami kemajuan yang cukup signifikan.

“Tapi sekali lagi, Kaesang itu sudah pernah saya kasih tugas dan berjalan dengan baik. Contone Persis Solo itu lho. Itu portofolio-ne Kaesang,” kata Gibran.

Tinggalkan Balasan