BKKBN Maksimalkan Penggunaan Teknologi untuk Percepat Penurunan Stunting

Jakarta, KabarBerita — BKKBN terus menggenjot upaya penanggulangan stunting melalui teknologi informasi. Kali ini salah satu yang gencar disosialisasikan untuk penggunaan adalah aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL).

Hal ini terungkap dalam Sosialisasi dan KIE Bangga Kencana antara BKKBN dan mitra kerja di wilayah Provinsi DKI Jakarta bertempat di Jl. Fajar Baru, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat. Jumat (24/2/2023).

Direktur Teknologi Informasi dan Data Dr. Mahyuzar, M.Si mengatakan, aplikasi ini dibuat untuk mendukung dan mengetahui kondisi calon pengantin (Catin) dalam kondisi sehat, sehingga Catin siap mengandung dan akan melahirkan sehat dan mencegah stunting dari sekarang.

Seperti yang diketahui kecenderungan perilaku Catin yang melakukan diet ketat tanpa memikirkan dan memberikan nutrisi kepada tubuh yang baik berdampak besar bagi kehamilannya kedepan.

“Ini merupakan perilaku yang salah, pasalnya kondisi ini menjadi salah satu resiko melahirkan anak stunting, karena kondisi tubuh yang tidak siap untuk hamil dan kurang nutrisi,” katanya.

Selain itu aplikasi ELSIMIL, ini berguna untuk mengetahui lebih awal kesiapan Catin terhadap potensi bayi yang dilahirkan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris menambahkan, kemajuan teknologi memang wajib digunakan untuk ikut mendukung percepatan penurunan stunting.

“Dukungan semua hal termasuk teknologi harus dilakukan untuk mempercepat penurunan angka stunting. Kita harapkan penggunaan Elsimil bisa meluas dan mendorong publik semakin sadar akan bahaya stunting bagi generasi mendatang,” sebut Charles.

Tinggalkan Balasan