Bisakah Turunkan Kolesterol Jahat dengan Makan Satu Alpukat Sehari?

Jakarta, KabarBerita.id — Alpukat menjadi salah satu buah yang paling umum ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang enak, buah Alpukat ternyata dapat menurunkan kolesterol.

Dikutip dari medical news today Alpukat memang mengandung banyak lemak akan tetapi sebagian besar lemaknya merupakan lemak sehat.

Menambahkan Alpukat ke dalam menu makanan harian dapat memberikan manfaat untuk kadar kolesterol karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengapa Alpukat baik dikonsumsi untuk kolesterol? Alpukat mengandung lemak yang dikenal sebagai lemak tak jenuh tunggal. Di mana lemak ini dapat membantu meningkatkan kesehatan. Sedangkan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dan resiko penyakit kardiovaskular.

Para peneliti melakukan Meta analisis terhadap 10 penelitian berbeda yang meneliti hubungan antara Alpukat dan kolesterol.

Mereka menemukan bahwa ketika partisipan mengkonsumsi Alpukat sebagai pengambil Hewani, kadar kolesterol jaahat dalam darah mereka menurun hingga 18,80 miligram per desiliter (mg/dl).

Trigliserida adalah jenis lemak yang paling umum ditemukan di dalam tubuh. Tingkat trigliserida tinggi dikombinasikan dengan LDL tinggi atau tingkat HDL rendah menyebabkan risiko serangan jantung dan stroke.

Sementara itu konsumsi alpukat ditemukan tak secara signifikan menurunkan kadar kolesterol baik.

Menukil laman Healthline, sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of the American Heart Association menemukan bahwa makan satu alpukat per hari bisa memengaruhi kolesterol yang tinggi. Makanan ini dapat mengurangi kadar kolesterol tanpa menyebabkan peningkatan lemak perut yang signifikan.

Para peneliti menemukan penurunan kecil namun nyata pada kadar kolesterol utama. Hal ini berkaitan dengan berat badan yang tidak bertambah.

Penulis studi Joan Sabate, profesor di Loma Linda University School mengatakan bahwa mengkonsumsi satu Alpukat sehari tidak menambah berat badan.

Bukan hanya itu, alpukat juga mengandung banyak fitosterol. Menukil Nutrition Fact, fitosterol adalah nutrisi penurun kolesterol yang ditemukan pada tanaman. Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak fitosterol.

Jadi, tidak ada salahnya menambahkan alpukat dalam menu diet Anda. Tapi ingat untuk tetap menjalankan gaya hidup sehat lainnya agar kolesterol jahat tidak meningkat.

Tinggalkan Balasan