Bisakah Obati DBD dengan Konsumsi Jus Jambu?

Jakarta, KabarBerita.id — Demam berdarah yang terjadi pada anak biasanya jus jambu langsung menjadi incaran. Akan tetapi benarkah jus jambu dapat mengobati demam berdarah?
Banyak orang yang beranggapan bahwa jus jambu dapat menaikkan trombosit.

ketua Komnas kejadian ikutan Pasca imunisasi (KIPI), sekaligus spesialis anak dan konsultan penyakit infeksi dan tropis anak, Hinky Hindra Irawan Satari mengatakan bahwa perjalanan penyakit demam berdarah efek totalnya dapat menyebabkan kematian yakni karena kebocoran pembuluh darah dan bukan karena jumlah trombosit yang rendah. Sedangkan seperti jambu dan Sari kurma diklaim untuk menaikkan trombosit.

Ia menjelaskan bahwa mengkonsumsi jus jambu bukan untuk mengatasi demam berdarah akan tetapi hanya akan meningkatkan trombosit. Hanya saja peningkatan trombosit ketika demam berdarah ini disebut bukanlah tujuan pengobatan.

Namun demikian tidak berarti anda tidak perlu atau tidak boleh memberikan cuci ibu untuk anak yang terkena DBD.

Hingky mengatakan boleh saja apabila orang tua ingin memberikan jus jambu apabila anak mengalami demam berdarah. Sebaliknya fokus untuk memenuhi kebutuhan cairan anak.

Orang tua dapat memberikan cairan lainnya seperti susu dan teh bahkan kuah sup kepada anak supaya kebutuhan cairan terpenuhi.

Apabila pembuluh darah bocor dan tidak diberikan air maka dapat terjadi kematian.

“Tidak serta merta konsumsi jus jambu terus trombositnya naik. Bukan ya. Trombosit memang bakal naik di hari ke-6. Sama seperti campak. Itu memang penyakit seminggu. Kalau cairannya kita penuhi Insya Allah trombositnya naik sendiri,” terangnya.

Tinggalkan Balasan