Berapa Kadar Hb Normal Pada Ibu Hamil?

Jakarta, KabarBerita.id — Salah satu masalah yang muncul saat kehamilan adalah anemia atau kadar hb rendah dalam darah. Hanya saja berapa kadar hb normal pada ibu hamil?

 

Kadar hb yang rendah pada ibu hamil akan membuat bumil jadi cepat lelah, pusing, kedinginan, dan sesak napas. Dalam sebagian besar kasus anemia selama kehamilan, perubahan pola makan bisa membantu mengurangi risiko ini.

 

Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Mengutip Cleveland Clinic, sel darah merah (sel darah merah) mengandung protein penting yang disebut hemoglobin (hb).

 

 Protein ini menahan oksigen dan membantu sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke tubuh Anda. Ini juga membantu membawa karbon dioksida dari tubuh Anda ke paru-paru.

 

Untuk memproduksi sel darah merah dan hemoglobin, tubuh Anda membutuhkan pasokan zat besi dan vitamin yang konsisten.

 

Tanpa pasokan itu, tubuh Anda tidak akan memproduksi cukup hemoglobin untuk membawa oksigen dengan baik ke organ-organ Anda.Wanita biasanya mengalami anemia selama kehamilan karena mereka tidak memiliki cukup zat besi dan vitamin lainnya.

 

Anemia berat terjadi ketika hasil CBC menunjukkan hemoglobin 6,5 hingga 7,9 gram per desiliter (g/dL).

 

Lalu berapa kadar hb normal pada ibu hamil sebenarnya?

 

Mengutip National Library of Medicine, kadar normal hemoglobin adalah 12 hingga 16 gram per desiliter untuk wanita usia subur. Nilai normal minimalnya adalah 11 gram per desiliter pada trimester pertama dan ketiga kehamilan dan 10,5 gram per desiliter pada trimester kedua.

 

Jumlahnya menjadi lebih rendah dari normal karena anemia dan lebih tinggi dari normal karena eritrositosis.

Tinggalkan Balasan